banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600

Wilayah Kapuas Hulu Diguncang Tektonik Magnitudo 4.3, Bupati Fransiskus Diaan Imbau Masyarakat Waspada

Wilayah Kapuas Hulu diguncang gempabumi, Senin (25/3) malam.

sitepontianak.com – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebut terjadi gempa bumi dengan parameter Magnitudo 4.3. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 1.14 LU dan 113.0 BT, atau tepatnya berlokasi 34 km Barat Laut Kapuas Hulu , Kalimantan Barat pada kedalaman 10 km. Senin (25/3) sekira pukul 19.24 Wita.

Menurut Kepala Stasiun Geofisika Manado, Tony Agus Wijaya berdasarkan jenis dan mekanisme gempabumi dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi di wilayah Kapuas Hulu merupakan jenis gempabumi kedalaman dangkal akibat aktivitas Sesar Lokal.

“Berdasarkan laporan masyarakat, gempa bumi ini dirasakan di Kapuas Hulu dengan intensitas III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu.). Hingga saat ini tidak terdapat laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan gempabumi tersebut,a” katanya melalui situs resmi BMKG.

“Hingga hari Senin, 25 Maret 2024 pukul 20:22:10 WITA, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock),” sambungnya lagi.

Masyarakat di wilayah Kapuas Hulu dan sekitarnya diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (http://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id), atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg (username: pemda password: pemda-bmkg) atau infobmkg.

Sementara itu, Bupati Kapuas Hulu, Fransisikus Diaan juga mengimbau Kepada masyarakat Kapuas Hulu agar menghindarkan diri dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Juga memeriksa dan memastikan bangunan tempat tinggal cukup tahan gempa ataupun  tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum kembali kedalam rumah.

“Masyarakat diharap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Sambil menunggu informasi resmi yang bersumber dari BMKG, kami juga mengimbau warga Kapuas Hulu agar selalu waspada dan berhati hati, tidak panik serta berdoa agak semua baik baik saja dan tidak terjadi gempa susulan,” ujarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *