banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600

UMKM Ampuh Topang Perekonomian Saat Pandemi, Angka Kemiskinan Ikut Turun

Sebuah warung yang menyediakan kebutuhan sehari-hari sampai pesanan makanan. Sebagai ilustrasi bisnis UMKM [Pexels/Fancycrave.com].

sitepontianak.com – Keberadaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menenga (UMKM) menjadi bagian tidak terpisahkan dalam perekonomian masyarakat Indonesia. Termasuk di saat-saat genting dalam masa pandemi COVID-19, dengan masa pemulihan kondisi keuangan terus berlangsung hingga kini.

Dikutip dari kantor berita Antara, Mohamad Thamrin, Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (DKUM) Kota Depok menyatakan bahwa keberadaan UMKM sangat menopang perekonomian warga Kota Depok.  Utamanya saat pandemi COVID-19 yang membuat perekonomian turun drastis.

“Keberadaan UMKM Depok mampu bertahan di tengah gempuran fenomena pandemi ini,” papar Mohamad Thamrin di Depok, Jumat (26/4/2024).

Ia menambahkan bahwa laju Pertumbuhan Ekonomi Kota Depok sekarang berada di atas Provinsi Jawa Barat dan Nasional yaitu 5,05 persen. Kemudian, angka kemiskinan juga berkurang menjadi 2,3 persen.

Ia menambahkan bahwa laju Pertumbuhan Ekonomi Kota Depok sekarang berada di atas Provinsi Jawa Barat dan Nasional yaitu 5,05 persen. Kemudian, angka kemiskinan juga berkurang menjadi 2,3 persen.

Karena itu, DKUM Kota Depok sangat berharap para pelaku usaha mikro atau UMKM tetap gencar memasarkan produknya.

“Minimal kepada tetangganya. Kemudian, terbuka dan transparan bersinergi dengan seluruh pemangku kepentingan agar omzet terus naik,” tandasnya.

Dalam rangka pembinaan UMKM serta meningkatkan pengetahuan dunia usaha lebih dalam lagi, DKUM Kota Depok menggelar talkshow bertajuk “Sinergi UMKM Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Kota Depok”.

Mohamad Thamrin menjelaskan talkshow ini diikuti 50 pelaku UMKM, baik dari dalam mau pun luar daerah. Mayoritas peserta adalah para ibu yang kesehariannya berwirausaha mikro.

“Melalui talkshow ini, kami ingin memberikan semangat dan wawasan pelaku UMKM dalam mengembangkan usahanya, pola manajemennya dan sebagainya,” tandasnya.

Dalam talkshow, akan dihadirkan dua pengusaha sukses asal Kota Depok sebagai narasumber.

Keduanya adalah Kintoko, CEO AKP Group, dan Andhika Ramadhan, mantan anak jalanan kini menjadi CEO perusahaan.

Sumber: Suara.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *