banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600

Michelle Yeoh Dianugerahi Presidential Medal of Freedom oleh Joe Biden

Michelle Yeoh (Variety)

sitepontianak.com – Aktris Hollywood asal Asia, Michelle Yeoh, baru saja dianugerahi Presidential Medal of Freedom oleh Presiden Amerika SerikatJoe Biden.

Gedung Putih mengumumkan sang pemenang Piala Oscar 2023 itu menjadi salah satu dari 19 penerima anugerah tersebut.

Michelle Yeoh bahkan menjadi orang Asia pertama yang memiliki karier cemerlang di Hollywood hingga berhasil memenangkan Piala Aktris Terbaik Academy Award.

“Yeoh terus melawan stereotip dan juga memperkaya budaya Amerika,” ungkap Gedung Putih tentang Michelle Yeoh, diberitakan AFP pada Jumat (3/5/2024).

Presidential Medal of Freedom menjadi penghargaan tertinggi yang diberikan untuk para warga sipil di Amerika Serikat.

Penerima penghargaan tersebut merupakan individu yang dinilai telah memberikan kontribusi besar dan patut dicontoh oleh masyarakat yang berkaitan dengan kemakmuran, keamanan, dan nilai-nilai AS.

Selain Michelle Yeoh, terdapat sederet penerima anugerah tersebut lainnya, di antaranya Michael R. Bloomberg, Al Gore, arence B. Jones, John Forbes Kerry, Elizabeth Dole, Phil Donahue, Gregory J. Boyle, James E. Clyburn, dan lain-lain.

Michelle Yeoh merupakan seorang aktris yang lahir di Ipoh, Malaysia, pada 6 Agustus 1962. Ia telah berkecimpung di dunia perfilman sejak lebih dari 30 tahun yang lalu.

Michelle Yeoh memutuskan pindah ke London untuk mengenyam pendidikan di Royal Academy. Ia awalnya sempat berkarier sebagai penari balet sebelum akhirnya keluar sebagai pemenang kontes kecantikan Miss Malaysia pada awal 1980-an.

Ia kemudian mulai serius menekuni karier sebagai aktris dengan menjadi bintang iklan dari sebuah merek jam tangan bersama aktor legendaris, Jackie Chan.

Yeoh pertama kali mendapat proyek sebagai pemeran utama dalam film Yes, Madam (1985). Di tahun itu, ia menggunakan nama panggung Michelle Khan karena studio produksi menyebut nama tersebut akan mudah diingat oleh para publik di negara barat.

Ia kembali membintangi sederet film lainnya, seperti Police Story 3: Super Cop (1992), The Heroic Trio (1993), hingga Tai Chi Master (1993).

Setelah lebih dari satu dekade menggunakan nama Michelle Khan, ia memutuskan kembali memakai nama aslinya, Michelle Yeoh, untuk melanjutkan karier di Hollywood.

Sumber: Suara.com

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *