banner 120x600 banner 120x600banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600

Berikut Kasus Korupsi yang Bikin Geger di RI, Suami Artis Sandra Dewi Langsung Ukir Sejarah

Tersangka korupsi tata niaga timah yang rugikan negara Rp271 triliun, Harvey Moeis - Helena Lim. (Kejaksaan Agung RI)

sitepontianak.com – Korupsi bagaikan benalu yang menggerogoti bangsa Indonesia. Kasus demi kasus terungkap, dengan nilai kerugian negara yang fantastis.

Yang paling anyar dan gempar adalah terungkapnya kasus korupsi Harvey Moeis suami dari aktris Sandra Dewi yang telah ditetapkan menjadi tersangka oleh Kejaksaan Agung karena tersandung dugaan korupsi dalam tata niaga komoditas timah wilayah Izin Usaha Pertambangan (IUP) PT Timah Tbk tahun 2015-2022 dengan merugikan negara hingga mencapai Rp 271 triliun.

Kasus korupsi tambang timah Harvey Moeis langsung menetapkan dirinya ke urutran satu kasus korupsi terbesar yang pernah terjadi di republik ini.

Berikut 7 kasus korupsi yang bikin geger di Indonesia, berdasarkan estimasi kerugian negara:

1. Kasus dugaan Korupsi Timah Harvey Moeis (Rp 271 triliun).

Suami aktris Sandra Dewi, Harvey Moeis, menjadi salah satu nama terbaru yang telah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus ini.

2. Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI) (Rp 138,4 Triliun)

Pada masa krisis moneter 1998, pemerintah memberikan BLBI kepada bank-bank yang bermasalah. Namun, banyak dana yang diselewengkan, merugikan negara hingga Rp 138,4 triliun.

3. Penyerobotan Lahan di Riau oleh Surya Darmadi (Rp 104,1 Triliun)

Kasus ini melibatkan Surya Darmadi, pemilik PT Duta Palma Group, yang didakwa merugikan negara Rp 104,1 triliun melalui penyerobotan lahan di Riau.

4. Korupsi Pengadaan Kondensat di PT Trans-Pacific Petrochemical Indotama (TPPI) (Rp 35 Triliun)

Kasus ini melibatkan Tommy Soeharto, putra Presiden Soeharto, yang didakwa merugikan negara Rp 35 triliun dalam pengadaan kondensat di PT TPPI.

5. Korupsi PT Asabri (Rp 23 Triliun)

Dana pensiun prajurit TNI dan Polri dikorupsi oleh para petinggi PT Asabri, dengan kerugian negara mencapai Rp 23 triliun.

6. Kasus ekspor minyak sawit mentah (Rp 18,3 triliun)

Kasus korupsi izin ekspor minyak sawit mentah (Crude Palm Oil/CPO) dan turunannya terjadi pada periode 2021-2022. Dalam kasus ini, ada 3 perusahaan sebagai tersangka yakni Wilmar Group, Permata Hijau Group, dan Musim Mas Group.

7. Korupsi PT Jiwasraya (Rp 17 Triliun)

Kasus ini serupa dengan PT Asabri, di mana dana pensiun BUMN dikorupsi oleh para petinggi PT Jiwasraya, dengan kerugian negara Rp 17 triliun.

Sumber: Suara.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *