banner 120x600 banner 120x600banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600

Anak Mantu Jokowi Diberi Gelar Tokoh Nasional

Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution dengan Balutan Busana Adat Batak. (Instagram)

sitepontianak.com – Keluarga Presiden Joko Widodo seakan tak henti-hentinya mencuri perhatian publik. Setelah Gibran Rakabuming Raka menjadi calon wakil presiden Prabowo Subianto dan Kaesang Pangarep jadi Ketua Umum PSI, kini giliran Kahiyang Ayu.

Anak kedua Presiden Jokowi itu menjadi sorotan publik karena mendapatkan gelar sebagai Tokoh Nasional Tapanuli Bagian Selatan. Pengukuhan Kahiyang menyusul suaminya, yakni Wali Kota Medan Bobby Nasution yang juga mendaparkan gelar yang sama.

Adapun pengukuhan Bobby dilakukan di  Alaman Bolak, Kota Padangsidimpuan, Sumatera Utara pada Minggu (4/3/2024) lalu. Pengukuhan Kahiyang lantas mencuri perhatian masyarakat, termasuk pegiat media sosial.

Tak sedikit dari mereka yang mempertanyakan maksud di balik pemberian gelar itu. Salah satunya pegiat medsos, Jhon Sitorus.

(Kahiyang Ayu) tanpa rekam jejak partisipasi, tanpa karya, tanpa kontribusi, tanpa ide, pikiran dan gagasan, tiba-tiba bisa jadi tokoh nasional,” sindir Jhon Sitorus seperti dikutip Suara.com, Senin (18/3/2024).

Pikirannya apa? Gagasannya apa? Karyanya apa? Pengaruhnya (Kahiyang) selama hidup atas dirinya sendiri apa? Gak ada yang tahu,” sambungnya.

Namun di balik pro dan kontra pemberian gelar tokoh nasional pada Kahiyang dan Bobby Nasution, publik mulai mencari tahu latar belakang keduanya, termasuk rekam jejak pendidikannya.

Riwayat pendidikan Kahiyang Ayu

Transformasi Kahiyang Ayu (Instagram/@ayanggkahiyang)
Transformasi Kahiyang Ayu (Instagram/@ayanggkahiyang)

Kahiyang Ayu merupakan anak kedua Joko Widodo dan Iriana Widodo. Riwayat pendidikannya cukup mentereng.

Ibu tiga anak ini merupakan alumnus Universitas Sebelas Maret Surakarta. Ia mengambil jurusan Ilmu dan Teknologi Pangan, Fakultas Pertanian.

Di sana, Kahiyang lulus pada 17 Desember 2013 dengan nilai yang memuaskan, yakni IPK 3,12. Setelah itu, Kahiyang melanjutkan pendidikannya ke jenjang S2, di Sekolah Bisnis Institut Pertanian Bogor (IPB).

Di IPB, Kahiyang juga mencetak prestasi. Ia berhasil menyelesaikan studinya dalam waktu 23 bulan dan lulus pada 25 September 2019.

Nilai yang ia dapat tak main-main, IPK nya hampir sempurna, yakni 3,90. Dan di IPB inilah Kahiyang pertama kali bertemu dengan Bobby Nasuton.

Riwayat pendidikan Bobby Nasution

Wali Kota Medan Bobby Nasution saat memimpin Upacara Hari Guru Nasional Tingkat Kota Medan Tahun 2023 di Stadion Teladan Medan, Sabtu 25 November 2023. [dok Pemkot Medan]
Wali Kota Medan Bobby Nasution saat memimpin Upacara Hari Guru Nasional Tingkat Kota Medan Tahun 2023 di Stadion Teladan Medan, Sabtu 25 November 2023. [dok Pemkot Medan]

Bobby Nasution menikah dengan Kahiyang Ayu pada 8 November 2017. Pemilik nama lengkap Bobby Afif Nasution ini ternyata bukan orang sembarangan. Ia disebut-sebut keturunan Raja Gunung Baringin Nasution di Panyabungan Timur, Mandailing Natal, Sumatera Utara.

Bobby melewati pendidikan dasarnya di SD Muhammadiyah 2 Pontianak, Kalimantan Barat.

Lalu ia bersekolah di SMP Negeri 22 Bandar Lampung dan lanjut ke SMA Negeri 9 Bandar Lampung.

Bobby lalu menempuh pendidikan tinggi di Departemen Agribisnis, Fakultas Ekonomi dan Manajemen, Institut Pertanian Bogor (IPB).

Usai lulus, ia langsung mengambil pendidikan jenjang master di perguruan tinggi yang sama.

Sumber: Suara.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *