banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600

Kemendag Bakal Panggil TikTok Pekan Depan, Bagaimana Nasib Keranjang Kuning?

Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga. (Dok: Kemendag)

sitepontianak.com – Kementerian Perdagangan (Kemendag) bakal memanggil TikTok pada pekan depan. Pemanggilan ini imbas dari TikTok yang masih menggabungkan usaha e-commerce dengan media sosial.

Padahal, dalam Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 31 tahun 2023 social commerce itu dilarang.

Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga menjelaskan, pihaknya akan memolototi proses migrasi TikTok ke Tokopedia. Dia menginginkan, TikTok harus sesuai aturan dalam menjalankan bisnis meski telah bergabung dengan Tokopedia.

“Kita ingin memastikan jangan ada yang dilanggar. Ketika Permendag 31 tahun 2023 menyebut dengan jelas bahwa tidak boleh jualan media sosial. Tentu yang harus dilakukan adalah mencari cara supaya tidak ada yang dilanggar,” ujar Jerry ketika ditemui di Kantor Kemendag, Jakarta Pusat, Senin (26/2/2024).

Sementara, Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Kemendag, Isy Karim mengatakan, saat ini prosesnya terus berjalan dan mengalami perkembangan yang signifikan.

“Migrasi sistem back-end antara kedua aplikasi tersebut diharapkan selesai sesuai target awal. Kami terus melakukan pemantuan untuk memastikan aplikasi TikTok Tokopedia sesuai ketentuan,” beber dia.

Isy menilai, saat ini seluruh proses transaksi sudah dilakukan pada sistem Tokopedia. Meski masih dalam proses migrasi, namun sudah terlihat adanya transisi ke aplikasi yang dikelola langsung oleh Tokopedia.

Sebelumnya, Jerry meminta, TikTok agar memenuhi peraturan yang ada yaitu memisahkan media sosial dengan e-commerce.

Pasalnya, sambung dia, dalam Permendag 31/2023 dengan tegas bahwa media sosial dilarang untuk berjualan.

“Intinya adalah ada proses migrasi di mana kita memastikan tidak boleh ada yang dilanggar yaitu media sosial enggak boleh jualan,” kata Jerry.

Sumber: Suara.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *