banner 120x600 banner 120x600

Festival Danau Sentarum Punya Kualitas, Kemenparekraf RI: Tahun Depan Harus Digelar Lebih Baik dan Bertepatan Libur Bersama

Festival Danau Sentarum Tahun 2022

sitepontianak.com – Koordinator Strategi dan Komunikasi Wisata Alam, Budaya dan Buatan, Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Firnandi Ghufron menyatakan, pihaknya sangat mendukung terselenggaranya Festival Danau Sentarum di Kabupaten Kapuas Hulu, Provinsi Kalimantan Barat tahun 2022 ini.

“Ujung dari kegiatan ini adalah kebangkitan ekonomi, saya melihat UMKM disini kualitas dan produksinya sudah bagus,” ungkap Ghufron pada pembukaan FDS di Lanjak, Kecamatan Batang Lupar, Kabupaten Kapuas Hulu, Kamis sore (1/12/2022).

Gufron berharap, tahun depan Festival Danau Sentarum bisa dilaksanakan lebih baik, dan bisa diadakan bertepatan dengan momentum libur bersama.

“Jadi pada saat dilaksanakan dalam momentum libur bersama, yang hadir tidak hanya lokal Kapuas Hulu, tapi bisa dari Regional Kalimantan. Maka kami sangat menyambut baik, warga negara tetangga juga bisa menikmati kekayaan budaya kita disini,” kat Ghufron.

Terkait dengan dukungan anggaran Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Ghufron menyampaikan memang saat ini masih mengalami kendala, karena adanya refocusing untuk penanggulangan Covid-19 dan kenaikkan BBM.

“Namun kita berkomitmen mendukung kedepan dan setelah ini kami dan Pemkab Kapuas Hulu akan melakukan evakuasi ada untuk perbaikan event Festival Danau Sentarum kedepannya,” kata Ghufron.

Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan meneybut, hampir dua tahun Festival Danau Sentarum (FDS) mengalami kevakuman karena terdampak pandemi Covid-19, dan baru tahun 2022 ini bisa diselenggarakan kembali.

Menurutnya, moment Festival Danau Sentarum ini sangat penting dalam rangka mempromosikan kekayaan alam dan budaya di Kabupaten Kapuas Hulu, khusunya beberapa kecamatan di wilayah perbatasan RI-Malaysia.

“Kita melihat prosesi penyambutan kegiatan pembukaan dilaksanakan dengan acara adat, dari tiga Sub Suku Dayak dan Melayu. Ini mencerminkan keberagaman toleransi yang harus kita jaga, sebab menjadi sumber kekuatan dalam membangun Kabupaten Kapuas Hulu kedepan,” kata Bupati Sis.

Selain itu, sambung Bupati Sis, menurutnya momentum Festival Danau Sentarum juga menjadi peluang bagus untuk pembangunan UMKM di Kabupaten Kapuas Hulu, melalui pameran yang dilaksanakan.

“Dengan hadirnya masyarakat ke Festival Danau Sentarum ini, maka akan membantu masyarakat kita pelaku UMKM. Jadi kita berharap kedepan menjadi lebih baik,” ujarnya.

Kekinian, timpal Bupati Sis, masyarakat sangat merespon dan semakin antusias dalam menyambut Festival Danau Sentarum Kabupaten Kapuas Hulu Tahun 2022.

“Kalau kita melihat masyarakat memang sangat merespon sekali. Karena ini memang tujuan dari Festival yang kita adakan untuk memperkenalkan pesona Danau Sentarum, namun agak terkendala karena saat ini masih banjir,” katanya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *