banner 120x600 banner 120x600banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600

Jokowi Ungkap Cara Bank Indonesia dan Kemendagri bikin Inflasi Tetap Terjaga

Presiden Joko Widodo atau Jokowi. (Suara.com/Novian)Presiden Joko Widodo atau Jokowi. (Suara.com/Novian)

sitepontianak.com – Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengungkapkan alasan di balik inflasi dalam negeri tetap terjaga. Salah satu alasannya ialah adanya peran dari Bank Indonesia (BI) dan Kementerian Dalam Negeri.

Jokowi menyampaikan inflasi tetap bisa terjaga karena setiap awal pekan, BI dan Kementerian Dalam Negeri selalu bertemu dengan para kepala daerah. Pertemuan itu terkait dengan menjaga inflasi di daerah-daerah.

“Inflasi tetap terjaga karena BI dan kementerian dalam negeri setiap hari Senin selalu bertemu dengan para kepala daerah untuk menjaga inflasi di setiap daerah,” kata Jokowi dalam sambutannya di acara penyampaian laporan hasil pemeriksaan atas laporan keuangan pemerintah pusat tahun 2023 dan ikhtisar hasil pemeriksaan semester II tahun 2023, Jakarta Convention Center, Jakarta, Senin (8/7/2024).

Sebelumnya, kepala negara merasa bersyukur karena ekonomi dan politik di Indonesia sangat stabil. Padahal saat ini dunia tengah menghadapi berbagai gejolak.

Jokowi menyampaikan beberapa tahun negara-negara, tidak terkecuali Indonesia sedang menghadapi dunia yang penuh gejolak. Mulai geopolitik, perang dagang yang semakin memanas, hingga perubahan iklim yang semakin nyata.

“Pertumbuhan ekonomi global juga melambat, tahun ini diperkirakan hanya 3,2 persen dan bahkan krisis ekonomi melanda beberapa kawasan,” kata Jokowi.

Meski begitu, Jokowi merasa bersyukur lantaran kondisi ekonomi dan politik di Indonesia sangat stabil.

“Alhamdulillah ini patut kita syukuri, ekonomi dan politik Indonesia sangat stabil. Ekonomi tetap tumbuh di atas 5 persen. Kita tahu di kuartal I-2024, tumbuh 5,11 persen,” kata Jokowi.

Jokowi kemudian menyinggung ihwal pelaksanaan Pemilu 2024 yang telah berjalan dengan baik. Menurutnya kestabilan ekonomi dan politik di dalam negeri merupakan modal untuk membangun Indonesia ke depan.

“Ini semua modal dasar kita dalam membangun negara ini,” kata Jokowi.

Sumber: Suara.com

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *