banner 120x600 banner 120x600banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600

Imbas El Nino, Siap-siap Harga Beras Bakal Naik Lagi!

Stok beras salah satu toko di Pasar Segiri Samarinda. [ANTARA]

sitepontianak.com –  Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) memprediksi harga beras akan mengalami kenaikan pada akhir tahun. Prediksi ini mengikuti tren dan catatan Badan Pusat Statistik (BPS), sejak 2022 harga beras selalu alami kenaikan pada mulai bulan September.

Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemendagri Tomsi Tohir menyebut, salah satu penyebab kenaikan harga beras ini imbas dari cuaca ekstrim El Nino.

“Bulan September ini dari grafik tahun ke tahun harga beras kita naik mendekati stok akhir tahun. Kita terbiasa beralasan El Nino, kita beralasan berikutnya terjadi La Nina curah hujan tinggi,” ujarnya dalam rapat Pengendalian Inflasi yang disiarkan di Youtube, Senin (8/7/2024).

Maka dari itu Tomsi mengingatkan, pemangku kepentingan seperti Perum Bulog, Badan Pangan Nasional, Kementerian Pertanian untuk mengantisipasi agar harga beras tidak naik pada periode tersebut.

“Alasan itu karena setiap tahun kita menghadapi itu. Jadi tolong dihitung betul untuk tahun ini, karena grafiknya setiap tahun September kita naik (harga beras),” imbuh dia.

Tomsi melihat, kenaikan harga beras telah terjadi mulai akhir-akhir ini, terutama di daerah-daerah. Dia kembali mengingatkan, semua pihak untuk tidak anggap remeh kenaikan harga beras yang mulai terjadi.

“Naiknya tipis Rp 200, tetapi setiap minggu, kita melihat minggu lalu naiknya Rp 200, jika dilihat beberapa minggu Rp 1.000 juga itu,” jelas dia.

Sumber: Suara.com

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *