banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600

Timnas Indonesia Lanjut Round 4 Kualifikasi, Bisa Lolos Piala Dunia 2026?

Timnas Indonesia tampil di Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. [dok. PSSI]

sitepontianak.com – Potensi persaingan panas di Grup C Round 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia turut menarik perhatian pandit sepak bola Amerika Serikat yang aktif di media sosial, Ben Griffis.

Grup C yang disebut-sebut ‘grup neraka’ ini diisi oleh Jepang, Australia, Arab Saudi, Bahrain, China, serta Timnas Indonesia.

Jadi satu-satunya tim di grup yang ranking FIFA-nya di luar 100 besar, Timnas Indonesia dianggap sebagai tim terlemah di tengah himpitan para raksasa Asia.

Meski demikian, Ben Griffis yakin Timnas Indonesia tak jadi bulan-bulanan. Sang pengamat bahkan memperediksi skuad Garuda senior asuhan pelatih Shin Tae-yong bisa lanjut ke Round 4 Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. [Suara.com / Alfian W]

Dua tim teratas dari tiga grup di kualifikasi putaran ketiga memang akan lolos langsung ke putaran final Piala Dunia 2026.

Namun, tim yang finis di peringkat tiga dan empat masing-masing grup juga masih punya harapan lolos.

Tim-tim peringkat tiga dan empat ini akan lolos ke kualifikasi putaran keempat untuk diadu lagi untuk memperebutkan tiket tersisa putaran final Piala Dunia 2026 di Kanada, Meksiko dan Amerika Serikat.

“Dari grup maut ini, saya melihat Jepang dan Australia akan finis 1-2. Di atas kertas setidaknya seperti itu. Saudi Arabia lalu mengunci posisi ketiga di klasemen akhir,” tulis Ben Griffis di platform X, Jumat (28/6/2024).

“Tinggal satu posisi lagi, peringkat empat. Saya bisa melihat China kemungkinan besar difavoritkan, namun mereka bisa saja mengalami kampanye yang buruk,” lanjutnya.

“Timnas Indonesia punya peluang untuk merebut itu. Bagi tim kuda hitam ini, posisi empat itu harus jadi target yang ingin mereka capai. Hanya satu yang harus ada di kepala mereka, berjuang dan finis di peringkat empat.”

“Setelah mereka ada di fase itu, fase putaran keempat, selanjutnya siapa yang tahu? Bisa saja mereka lolos ke Piala Dunia. Indonesia sedang ada dalam tren yang bagus belakangan ini, dan jika mereka bisa mempertahankan itu ke depan, mereka bisa saja mencetak sejarah,” tutup Griffis.

Timnas Indonesia akan membuka kampanye Grup C Round 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia ini dengan menghadapi tuan rumah Arab Saudi pada 5 September 2024.

Lima hari setelah laga tandang itu, Timnas Indonesia akan menjajal kekuatan Australia pada pertandingan kandang di Tanah Air.

Sumber: Suara.com

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *