banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600

PHK Massal Tokopedia: Ratusan Karyawan Terdampak Kebijakan Induk Perusahaan Asal China

Kantor Tokopedia. (Dok: GoTo)

sitepontianak.com – e-commerce Tokopedia yang belum lama ini diakusisi induk usaha raksasa asal China, Bytedance dikabarkan bakal melakukan pemutusan hubungan kerja atau PHK massal karyawan.

Bytedance yang pada awal tahun ini mengakusisi Tokopedia dari GOTO berencana semakin menyinkronkan layanan TikTok Shop dengan Tokopedia demi meraih pasar yang lebih besar.

Sayangnya, di balik rencana tersebut, perusahaan yang bermarkas di Beijing, China itu kabarnya juga akan melakukan PHK massal 9 hingga 10 persen dari jumlah total karyawan agar bisa menghemat anggaran.

Sebagai informasi, saat ini, jumlah karyawan Tokopedia dan Tiktok Shop diperkirakan mencapai 5.000 orang. Dengan demikian, jika ada PHK 9%, sekitar 450 orang akan kehilangan pekerjaan.

Berkaitan dengan PHK massal Tokopedia, GOTO yang hingga kini masih memegang saham meski bukan lagi mayoritas tidak lagi memiliki hak untuk memutuskan langkah perusahaan.

Dalam keterbukaan informasi di BEI, GOTO menyatakan bahwa semua keputusan bisnis Tokopedia sepenuhnya ditentukan oleh manajemen Tokopedia dan tidak lagi melibatkan GOTO.

“Segala keputusan yang diambil oleh PT Tokopedia merupakan hal yang akan ditentukan secara penuh oleh manajemen PT Tokopedia,” dikutip dari keterangan keterbukaan informasi, Kamis (13/6/2024).

Meski begitu, sebagai pemegang saham minoritas, GOTO meyakini bahwa manajemen PT Tokopedia akan mengambil keputusan dengan prinsip kehati-hatian dalam mengelola kegiatan usahanya, serta mempertimbangkan berbagai penilaian.

“Perseroan meyakini bahwa PT Tokopedia terus melakukan tinjauan atas efektivitas dari organisasi mereka, seperti halnya perusahaan lain,” lanjut GOTO dalam keterangannya. PHK di Tokopedia direncanakan akan dilakukan secepatnya pada bulan Juni 2024 ini.

Sumber: Suara.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *