banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600

Pemkab Mantapkan 5 Ruas Jalan Kabupaten di Sejulah Kecamatan di Kapuas Hulu

Launching Penanganan Long Segment Ruas Jalan Mataso - Ulak Pauk ddi Kecamatanembaloh Hulu.

sitepontianak.com – Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan menyatakan, ketersediaan sarana dan prasarana transportasi yang baik merupakan pendukung pertumbuhan ekonomi dan kegiatan sosial masyarakat. Selain itu, peningkatan fasilitas prasarana transportasi khususnya transportasi darat dilakukan agar tersedia prasarana yang memadai bagi masyarakat dalam menjalankan aktifitasnya dengan baik.

Sejauh ini, Pemkab Kapuas Hulu melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang telah berupaya melakukan penanganan jalan dengan mengupayakan melalui dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) berupa Dana Alokasi Umum (DAU) dan Dana Alokasi Khusus (DAK).

“Bahkan pada tahun 2024 Kabupaten Kapuas Hulu berhasil mendapatkan alokasi dak bidang jalan sebesar Rp89.443.289.000 yang dipergunakan untuk menangani 5 ruas jalan,” sebut Bupati Sis.

Ia menjelaskan, 5 ruas jalan yang dimaksud yakni :

  1. Tepuai – Nanga Taman Kecamatan Hulu Gurung
  2. Nanga Lidi – Keranga Panjang Kecamatan Hulu Gurung
  3. Senara – Simpang Sekubah Kecamatan Hulu Gurung/Jongkong
  4. Semangut – Segitak (Kelibang) Kecamatan Bunut Hulu
  5. Mataso – Ulak Pauk Kecamatan Embaloh Hulu

Untuk diketahui, ruas jalan Mataso – Ulak Pauk statusnya adalah jalan kabupaten berdasarkan keputusan Bupati Kapuas Hulu Nomor  122 tahun 2024.  Dengan Nomor ruas 136, panjang  21,650 km.

“Ini menjadi ruas jalan yang sangat penting bagi kabupaten Kapuas Hulu karena merupakan akses menuju kawasan sentra produksi pangan dan pertanian di kecamatan Embaloh Hulu. Ruas jalan Mataso – Ulak pauk ini selalu menjadi perhatian kita (Pemkab Kapuas Hulu) baik melalui dana alokasi khusus maupun dana alokasi umum,” kata Bupati Kapuas Hulu ini.

“Ruas jalan ini pembangunannya melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik bidang jalan mendapatkan alokasi sebesar sepuluh milyar lebih,” sambungnya.

Bupati Sis menegaskan, dalam upaya membangun Kabupaten Kapuas Hulu melalui Dinas PUPR akan dilakukan penanganan long segment ruas jalan Mataso – Ulak Pauk Kecamatan Embaloh Hulu dengan rencana penanganan berupa:

  • Pekerjaan aspal dengan panjang 1,700 km
  • Pekerjaan pembuatan box culvert sebanyak 1 unit
  • Pekerjaan rehabilitasi jembatan sebanyak 1 unit
  • Pekerjaan timbunan daerah banjir/jalan rusak sepanjang 208 m
  • Perbaikan dan perataan badan jalan panjang 6,000 km

Secara keseluruhan penanganan pekerjaan ruas jalan Mataso – Ulak pauk tahun ini belum tuntas, sehingga perlu dilanjutkan kembali karena masih panjang jalan yang belum diaspal.

“Selaku Bupati saya mengajak masyarakat mendukung penuh kelancaran pekerjaan penanganan jalan ini, sehingga pekerjaan jalan ini nantinya dapat bermanfaat untuk kepentingan masyarakat,” ujarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *