banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600

Lewat Porseni Bupati Kapuas Hulu Tekankan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dan Perubahan Paradigma Layanan Pendidikan

Bupati Kapuas Hulu Fransiskuus Diaan

 sitepontianak.com – Porseni Kabupaten Kapuas Hulu tahun 2024 resmi digulirkan dan dibuka langsung oleh Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan, Senin (3/6) di Stadion Uncak Kapuas, Putussibau.

Di kesempatan ini, Bupati Sis menuturkan, bahwa sering kita mendengar “bergerak bersama semarakkan merdeka belajar”.

Menurutnya, merdeka belajar merupakan kebijakan pemerintah pada sektor pendidikan untuk mewujudkan visi pendidikan Indonesia maju, yakni “mewujudkan indonesia maju yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian melalui terciptanya  pelajar pancasila yang bernalar kritis, kreatif, mandiri, beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, bergotong – royong dan berkebhinekaan global.

“Karena itu satuan pendidikan yang telah melaksanakan implementasi kurikulum merdeka, harus  disertai dengan perubahan paradigma dalam memberikan layanan pendidikan,” serunya disambut gemuruh peserta dan undangan yang hadir.

Dikatakan, jika pada masa-masa sebelumnya para guru lebih berorientasi pada penyelesaian sebanyak mungkin materi pelajaran, maka sekarang, dengan semangat kurikulum merdeka belajar yang dijiwai oleh filsafat pendidikan Kihajar Dewantara, para guru harus mengenal anak didiknya, mengetahui karakteristik dan kebutuhannya serta membantunya mengembangkan kompetensinya secara optimal agar kelak dia menjadi pribadi yang merdeka.

“Kami berpesan agar semua pemangku kepentingan bekerja sama dalam mewujudkan iklim lingkungan belajar yang aman, nyaman, kondusif dan inklusif. kami berharap sekolah-sekolah tidak membiarkan terjadinya perundungan. sebaliknya, ciptakanlah kawasan sekolah yang bersih, sehat dan ramah anak. dengan demikian sekolah akan menjadi taman siswa yang mendukung tumbuh kembang peserta didik pada semua aspeknya,” ujar Bupati Sis.

“Para guru adalah sahabat dan mitra kerja saya di bidang pendidikan. Terimakasih atas segala pengabdian dan dedikasi bapak dan ibu semua. Dan untuk memperkuat kinerja dan pelayanan bidang pendidikan, saya telah mengambil kebijakan dengan mengangkat 1368 orang tenaga honorer menjadi pegawai pemerintah dengan perjanjian kinerja (PPPK). yaitu 834 orang guru SD dan 534 guru SMPO. ii adalah upaya dan bentuk komitmen saya terhadap dunia pendidikan di kabupaten Kapuas Hulu,” timpal Bupati Sis.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *