banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600

Ipar Jokowi Hingga Keponakan Masuk Jajaran Petinggi BUMN, Ini Daftarnya

Presiden Joko Widodo atau Jokowi. [Suara.com/Novian]

sitepontianak.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali diterpa isu politik dinasti lantaran keluarganya masuk dalam jajaran petinggi di perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Isu ini berhembus seiring masa jabatan Presiden Jokowi yang akan berakhir beberapa bulan lagi. Ditambah, nama anak dan menantunya memiliki jabatan strategis di pemerintahan dan partai politik.

Gibran Rakabuming Raka diketahui merupakan Wakil Presiden terpilih untuk periode 2024-2029, lalu Kaesang Pangarep menjadi Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dan Bobby Nasution menjabat Wali Kota Medan.

Sementara dua ponakan dan satu ipar Jokowi saat ini menduduki jabatan penting di perusahaan mintak pelat merah. Berikut ini daftar keponakan dan ipar Jokowi yang masuk jajaran pejabat BUMN.

Sigit Widyawan 

Sigit Widyawan merupakan suami dari sepupu Presiden Jokowi, Nining Roni Widyaningsih. Nining adalah putri dari Miyono Suryo Sarjono, kakak tertua ibunda Jokowi, Sujiatmi.

Sigit tercatat menjabat sebagai Komisaris Independen PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI. Dia diangkat menjadi komisaris independen BNI dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) tahun 2018.

“Menyetujui dan mengangkat Saudara Sigit Widyawan sebagai Komisaris Independen terhitung sejak ditutupnya RUPS hari ini,” demikian keterangan BNI, 2018 silam.

Jabatannya sebagai komisaris independen BNI diperpanjang sampai 2025.

Joko Priyambodo

Joko Priyambodo ditunjuk menjadi Direktur Pemasaran dan Operasi PT Patra Logistik, anak perusahaan PT Pertamina (Persero). Dia resmi berada di posisi strategis tersebut sejak 20 Mei 2024.

Joko Priyambodo diketahui menikahi keponakan Jokowi yakni Septiara Silvani Putri yang merupakan putri dari pasangan Hari Mulyono dan Idayati, adik kandung Jokowi.

Setelah menjadi janda karena suaminya meninggal, Idayati menikah dengan mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman.

Bagaskara Ikhlasulla Arif

Bagaskara Ikhlasulla Arif menjabat sebagai Manager Non-Government Relations di PT Pertamina (Persero). Keponakan Jokowi ini adalah putra dari Arif Budi Sulistyo dan Titik Relawati.

Titik Relawati merupakan adik bungsu dari Jokowi.

Sebelum di Pertamina, lulusan sarjana Universitas Gadjah Mada ini sempat menjadi Asisten Manajer di PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI sejak November 2018 hingga Oktober 2021.

Selanjutnya, pada November 2021 dia diangkat sebagai Senior Expert Government Relation di Pertamina. Kemudian pada Maret 2024, dia menjadi Manager Non-Government Relation di Pertamina.

Sumber: Suara.com

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *