banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600

Sebanyak 400 Pelaku UMKM Akan Meriahkan Upacara Peringatan Kemerdekaan ke-79 RI di IKN

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno dalam salah satu pameran UMKM. Sebagai ilustrasi [Suara.com].

sitepontianak.com – Upacara Peringatan Kemerdekaan ke-79 Republik Indonesia (RI) pada 17 Agustus 2024 di Ibu Kota Nusantara (IKN) diperkirakan bakal dihadiri sekitar 6.000 lebih peserta dan tamu undangan sebagai sebuah perayaan kenegaraan.

Dalam acara ini bakal disediakan yang , lanjut dia, diharapkan berlangsung lancar dan memberi kenangan yang indah.

Sesuai tujuan perayaan peringatan Hari Kemerdekaan RI pertama yang digelar di IKN, kegiatan ini mesti dirasakan juga masyarakat luas.

Salah satu bentuknya, para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dilibatkan dalam upacara bendera pada 17 Agustus 2024 di Kota Nusantara.

Menurut Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (MenparekrafSandiaga Uno, upaya menghadirkan UMKM ini adalah salah satu upaya meningkatkan perekonomian.

“Kami sediakan fasilitas berupa sentra ekonomi kreatif untuk UMKM saat Upacara Kemerdekaan RI di IKN,” jelas Sandiaga Uno.

Tempat khusus atau fasilitas itu dipastikan Menparekraf dapat dimanfaatkan pada Juli atau awal Agustus 2024.

Ada pun pelaku UMKM yang dilibatkan saat Upacara Kemerdekaan RI ini telah mendapat pembinaan dan pendampingan dari Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN).

Sekitar 300 hingga 400 pelaku UMKM bakal terlibat dalam Upacara Kemerdekaan RI pertama di ibu kota negara baru Republik Indonesia.

“Setelah sentra ekonomi kreatif berdiri, UMKM yang sudah dibina dan didampingi OIKN, bisa berkreasi dan melakukan kegiatan pelatihan, jadi saat pelaksanaan upacara sudah siap,” ujar Sandiaga Uno.

Masih dalam kerangka menumbuhkembangkan ekonomi di IKN, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) juga mempersiapkan fasilitas pariwisata dan perhotelan.

Pada awal Agustus 2024, sejumlah hotel yang dibangun di kawasan IKN sudah bisa gunakan untuk pelayanan tamu yang hadir dalam acara kenegaraan Indonesia.

Sumber: Suara.com

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *