banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600

Persib Bandung Tak Pernah Mengecewakan di Final Liga Indonesia

Sejumlah pesepak bola Persib Bandung berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Persija Jakarta saat pertandingan lanjutan BRI Liga 1 di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Sabtu (9/3/2024). Pertandingan tersebut dimenangkan oleh Persib Bandung dengan skor akhir 2-1. [ANTARA FOTO/Novrian Arbi/aww]

sitepontianak.com – Persib Bandung melangkah ke final championship series BRI Liga 1 2023/2024 usai mengalahkan Bali United, 3-0 dalam leg kedua semifinal di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung, Sabtu (18/5/2024) malam.

Tiga gol Maung Bandung dicetak Ciro Alves, Febri Hariyadi dan sepakan keras Edo Febriansyah. Persib pun ke final dan unggul agregat 4-1.

Nantinya di laga final, skuad asuhan Bojan Hodak tinggal menunggu pemenang antara Borneo FC dan Madura United.

Bagi Persib Bandung, ini kali ketiga mereka melaju ke final kompetisi sepak bola tertinggi semenjak format Liga Indonesia bergulir 1994/1995.

Uniknya, dua laga final sebelumnya tim asal Kota Kembang itu tak pernah kalah, alias meraih gelar juara di akhir musim.

Dilansir dari laman RSSSF, Persib merasakan prestasi mentereng saat jadi juara Liga Indonesia edisi pertama 1994/1995.

Dalam kompetisi itu, Persib yang dilatih Indra Thohir finish di posisi empat besar bersama Pelita Jaya, Bandung Raya dan Medan Jaya di babak reguler wilayah barat.

Kemudian di Babak 8 Besar, Persib tergabung dengan Petrokimia Putra, Assyabaab SGS dan Medan Jaya. Dua nama pertama sukses merebut tiket ke semifinal.

Lalu di babak semifinal, tim Pangeran Biru sukses mengalahkan Barito Putra, 1-0 lewat gol sematang wayang Kekey Zakaria.

Persib akhirnya keluar sebagai juara setelah mengalahkan Petrokimia Putra, 1-0 berkat gol Sutiono Lamso dalam laga yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, 30 Juli 1995.

Prestasi serupa juga diraih Persib Bandung di kompetisi Liga Super Indonesia (ISL) musim 2014 yang saat itu diracik Djajang Nurdjaman.

Petualangan diawali dengan lolos dari babak reguler wilayah barat bersama Arema, Semen Padang dan Pelita Bandung Raya.

Kemudian di Babak 8 Besar, Persib menyegel tiket semifinal bersama Pelita Bandung Raya. Di semifinal, anak-anak Bandung mengalahkan Arema, 3-1 lewat gol Vladimir Vujovic, Atep dan Makan Konate.

Lalu dalam final yang berlangsung di Stadion Gelora Sriwijaya, Palembang, 7 November 2014, Persib menang 5-3 lewat drama adu penalti melawan Persipura Jayapura.

Musim ini, Persib Bandung sudah menapaki langkah ke final dan tinggal menunggu pemenang antara Borneo FC versus Madura United. Mampukah mengulang dua kesuksesan sebelumnya? Patut kita nantikan.

Sumber: Suuara.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *