banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600

Sosialisasi Perilaku Hidup Sehat Cegah Penyakit, TP PKK Pontianak Edukasi Masyarakat Tentang Hipertensi – Kesehatan Ginjal

Peserta sosialisasi berfoto bersama narasumber.

sitepontianak.com – Guna meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga kesehatan, khususnya hipertensi dan kesehatan ginjal, Tim Penggerak (TP) PKK Kota Pontianak menggelar Sosialisasi Promosi Kesehatan dan Strategi Komunikasi Perubahan Perilaku di Aula Rumah Jabatan Wali Kota Pontianak, Jumat (22/3).

Pj Ketua TP-PKK Kota Pontianak Anita Ani Sofian mengatakan, sosialisasi ini digelar sebagai bagian dari program kerja PKK sebagai mitra kerja pemerintah dalam melaksanakan pembangunan, termasuk pembangunan manusia.

“Salah satu peran yang dilakukan PKK di masyarakat yakni meningkatkan pengetahuan dan perilaku sehat sehingga masyarakat dapat mencegah penyakit, baik itu penyakit menular maupun tidak menular,” ujarnya.

Menurutnya, Indonesia tengah mengalami perubahan pola yang sering disebut epidemiologi, yang mana ditandai dengan meningkatnya kematian dan kesakitan akibat penyakit tidak menular seperti stroke, jantung, diabetes, gagal ginjal dan lainnya.

“Oleh sebab itu peran kader PKK untuk peningkatan kesadaran masyarakat dalam mencegah terjadinya penyakit tidak menular tersebut di masyarakat,” ungkapnya.

Anita menambahkan, kurangnya kesadaran masyarakat dalam berperilaku sehat dan aktivitas fisik serta pola makan yang tidak sehat menjadi salah satu penyebab tingginya penyakit-penyakit tersebut.

Penyakit tidak menular itu pula yang menjadi penyebab tingginya angka kematian di Indonesia.

“Maka perlu digencarkan kegiatan promosi kesehatan di lingkungan masyarakat untuk berperilaku sehat khususnya pada kelompok potensial seperti kader PKK, pengelola PAUD, Karang Taruna, Dasa Wisma dan lainnya,” pungkasnya.

Selain itu, sosialisasi yang disampaikan oleh dr R Sony Yusuf Wibisono, Sp PD KGH FINASIM, memaparkan mengenai pola makan sehat dan gaya hidup sehat yang menjadi fokus dalam kegiatan ini sebagai upaya preventif untuk mengurangi risiko terkena hipertensi dan masalah kesehatan ginjal.

Kegiatan promosi kesehatan dan strategi komunikasi perubahan perilaku ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat Kota Pontianak, sehingga kesadaran akan pentingnya menjaga kesehatan semakin tinggi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *