banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600

Sambut Ramadan 1445 H dengan Sukacita, Ribuan Pelajar ANtusias Ikut Pawai Akbar

Pj Wali Kota Pontianak Ani Sofian melepas peserta Pawai Akbar dalam rangka menyambut bulan suci Ramadan 1445 Hijriyah.

sitepontianak.com – Ribuan peserta Pawai Akbar menyambut Bulan Suci Ramadan 1445 Hijriyah tumpah ruah di depan Kantor Wali Kota Pontianak Jalan Rahadi Usman, Sabtu (9/3).

Dengan berbagai kostum dan ornamen-ornamen Islami, para peserta begitu antusias mengikuti Pawai Akbar yang digelar oleh Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kota Pontianak dengan berjalan kaki.

Pj Wali Kota Pontianak Ani Sofian bersama Sekretaris Daerah Kota Pontianak Mulyadi dan Wakil Ketua DPRD Kota Pontianak Firdaus Zar’in menabuh rebana menandai dimulainya Pawai Akbar.

Ani Sofian mengungkapkan, Pawai Akbar ini digelar dengan maksud untuk memupuk kebersamaan, semangat Ukhuwah Islamiyah sesama umat dan sebagai bentuk kegembiraan dalam menyambut bulan suci Ramadan 1445 Hijriyah.

“Bulan Ramadan adalah Bulan yang agung, bulan yang mulia, bulan yang penuh rahmat dan ampunan,” ujarnya.

Sebagai umat Islam, lanjut Ani, tentunya semua umat Islam bersyukur dapat bertemu kembali dengan bulan suci Ramadan karena Allah akan membuka selebar-lebarnya pintu kebaikan dan pintu ampunan.

Sebaliknya, bagi umat Islam yang tidak memanfaatkan kesempatan ini maka akan merugi bagi dirinya.

“Marilah kita sambut bulan suci Ramadan ini dengan rasa syukur dan sukacita, bersihkan hati dan saling memaafkan satu dengan yang lain karena dengan hati yang bersih, kita dapat menjalani amal ibadah bulan puasa dengan baik dan ikhlas,” katanya.

Menurutnya, puasa juga dikatakan sebagai bulan pendidikan, puasa mengajarkan umat untuk menahan lapar agar ikut merasakan betapa pedihnya lapar itu.

Dengan demikian orang yang berpuasa semakin peka terhadap sesama yang hidup di bawah garis kemiskinan.

“Dengan rasa lapar juga kita diajarkan untuk peduli dengan penderitaan orang lain,” ungkap Ani.

Dalam kesempatan ini, ia mengajak seluruh masyarakat Kota Pontianak untuk saling menghormati, saling menghargai di antara sesama umat beragama sehingga tercipta suasana aman dan damai, harmonis dalam keberagaman.

“Kondisi seperti ini perlu terus kita jaga karena hal tersebut juga merupakan modal kita untuk dapat membangun Kota Pontianak yang kita cintai,” imbuhnya.

Ketua PHBI Kota Pontianak Iwan Amriady menerangkan, Pawai Akbar ini diikuti oleh 58 kelompok peserta, yang terdiri dari pengurus masjid, surau, majelis taklim, pondok pesantren dan siswa-siswi SMP, MTs, SMA, MA dan SMK serta perwakilan kantor kecamatan dan drumband se-Kota Pontianak.

Kegiatan pawai akbar terdiri dari pawai jalan kaki dan drumband. Rute yang dilalui mulai dari depan Kantor Wali Kota Pontianak Jalan Rahadi Usman – Pak Kasih – Hasanuddin – Merdeka – Jenderal Urip – Jenderal Sudirman – finish di Jalan Rahadi Usman.

“Panitia juga menyediakan hadiah dan doorprize bagi peserta,” terangnya.

Iwan menambahkan, maksud dan tujuan digelarnya Pawai Akbar ini untuk meningkatkan silaturahmi dan Ukhuwah Islamiyah sesama umat Islam serta menyebarkan syiar-syiar Islam di kalangan umat.

“Melalui momentum perayaan Hari Besar Islam seperti kegiatan Pawai Akbar ini diharapkan dapat lebih membudayakan nilai-nilai Islami ke dalam kehidupan sehari-hari kita sebagai bentuk pengamalan terhadap ajaran agama Islam untuk meningkatkan kualitas umat dalam menjalankan kehidupan sehari-hari,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *