banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600

Begini Terapkan 6 Langkah Cuci Tangan Secara Benar agar Bersih dan Bebas dari Penyakit!

Nuryana, A.Md Kep saat memberikan edukasi kesehatan tentang Cuci Tangan kepada 25 pasien dan pengunjung UPT Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sultan Syarif Mohamad Alkadrie (SSMA) Kota Pontianak, pada Selasa (26/3/2024).

sitepontianak.com – Kuman penyebab penyakit dapat menyerang kita kapanpun dan dimanapun. Kuman dapat muncul saat kita bekerja, berpergian, atau bahkan di rumah. Kuman tersebut menempel pada permukaan barang-barang yang digunakan atau bahkan menempel pada bagian tubuh termasuk tangan.

Untuk terhindar dari kuman penyakit yang ditularkan melalui tangan, kita dapat melakukan upaya pencegahan dengan menerapkan cuci tangan enam langkah dengan benar. Hal ini diungkapkan oleh Nuryana, A.Md Kep saat memberikan edukasi kesehatan tentang Cuci Tangan kepada 25 pasien dan pengunjung UPT Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sultan Syarif Mohamad Alkadrie (SSMA) Kota Pontianak, pada Selasa (26/3).

“Pada dasarnya kita sudah terbiasa dengan mencuci tangan, hanya saja apakah mencuci tangan yang kita lakukan sudah benar, bersih, dan bebas dari penyakit atau tidak, masih tidak bisa dipastikan,” jelas Nuryana.

Mencuci tangan merupakan cara sederhana yang dapat membantu melindungi diri dari berbagai penyakit. Salah satu kesalahan yang sering dilakukan oleh masyarakat saat mencuci tangan adalah hanya menggunakan air saja tanpa sabun. Air saja tidak cukup untuk menghilangkan kuman dan bakteri yang menempel di tangan kita.

“Tidak perlu menggunakan sabun antibakteri untuk menghilangkan kuman penyakit dari tangan. Namun gunakanlah sabun cuci tangan dalam jumlah yang cukup agar tangan benar-benar bersih. Banyak orang menggunakan sabun terlalu sedikit sehingga mengurangi efektivitas dalam menghilangkan kuman,” terangnya.

Nuryana menambahkan bahwa setelah mengetahui manfaat dari mencuci tangan, diharapkan masyarakat mulai menerapkan cuci tangan enam langkah dengan benar mulai dari menyiapkan makanan, sebelum dan setelah makan, batuk dan bersin, menyentuh sampah, saat beraktivitas seperti mengetik dan menyentuh uang, serta kegiatan lainnya yang melibatkan penggunaan tangan.

“Oleh karena itu, penting untuk menjadikan mencuci tangan dengan sabun sebagai bagian dari gaya hidup kita sehari-hari,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *