banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600

Banyak Komisaris BUMN Resign Usai Dukung Capres-Cawapres, Namun Kenapa Erick Thohir Tak Mundur?

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir di Djakarta Theater, Jakarta Pusat, Sabtu (3/2/2024). [Suara.com/Dea]

sitepontianak.com – Menteri BUMN Erick Thohir kini tegas dengan sikap politiknya yakni mendukung pasangan calon nomor urut 02 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dalam Pilpres 2024. Kendati demikian, Erick urung menunjukkan niatan untuk mundur dari kabinet.

Padahal, rekan satu kabinetnya yakni Mahfud MD rela mundur dari jabatannya sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) lantaran maju sebagai calon wakil presiden.

Orang-orang di dalam tubuh BUMN seperti Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dan Abdee Slank bahkan rela mundur lantaran sikap politik mereka yang mendukung Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Lantas, mengapa Erick Thohir hingga kini belum mundur dari tubuh kementerian?

Erick Thohir belum mundur, Tsamara: Menteri boleh kampanye, tapi…

Staf khusus Menteri BUMN, Tsamara Amany dalam acara Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Kamis (1/2/2024) menjawab mengapa Erick urung mundur.

Tsamara menegaskan bahwa dalam perundang-undangan yang berlaku, seorang menteri boleh berkampanye.

Kendati demikian, Tsamara menggarisbawahi bahwa kampanye yang dilakukan harus dilakukan saat menteri tersebut sudah resmi mengambil cuti.

Eks pentolan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) tersebut juga mengungkap bahwa Erick telah mengambil cuti sehingga ia boleh berkampanye.

Selain itu, Tsamara juga melihat sah-sah saja seorang menteri berkampanye asalkan tak memakai fasilitas negara.

Berkaca dari sikap Erick Thohir, Tsamara juga menilai sang Menteri BUMN tak akan dilanda konflik kepentingan terkait jabatan dan pilihan politiknya.

Alasan Erick Thohir ‘kepincut’ Prabowo

Tak heran bila Erick Thohir rela cuti demi mendukung Prabowo. Sebab di mata Erick, Prabowo memiliki gaya kepemimpinan yang kuat dan logis.

“Semua ini dilakukan oleh Pak Prabowo tanpa omong kosong. Bukan hanya janji manis yang seringkali tidak realistis. Melainkan berdasarkan kepemimpinan yang kuat dan logis. Inilah sosok Bapak Prabowo Subianto yang saya kenal,” ujar Erick Thohir dalam cuplikan video di kanal TikTok, dikutip Sabtu (3/2/2024).

Erick juga mencontohkan salah satu kontribusi Prabowo yakni kala ikut mengusut kasus korupsi lingkungan internal Asuransi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (ASABRI). .

“Saya masih ingat ketika Pak Prabowo dengan tegas bersama saya memperbaiki kerusakan kronis di ASABRI, akibat tindakan korupsi yang merugikan negara hingga hampir Rp 23 triliun,” tegas Erick.

Sumber: Suara.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *