banner 120x600

Pelabuhan Patimban Diharapkan Jadi Kawasan Penopang Industri

Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto dalam kunjungan ke Proyek Strategis Nasional (PNS) Pelabuhan Patimban yang berada di Subang, Jawa Barat, Rabu (24/1/2024). (Suara.com/Tantri A)

sitepontianak.com – Menteri Koodinasi Perekonomian, Airlangga Hartanto melakukan kunjungan guna meninjau progres Proyek Strategis Nasional (PNS) Pelabuhan Patimban yang berada di Subang, Jawa Barat, Rabu (24/1/2024).

“Kunjungan ini untuk melihat proyek strategis nasional (PSN) terkait dengan Pelabuhan Patimban,” ujarnya.

Airlangga mengatakan, Pelabuhan Patimban menjadi nadi pengembangan kawasan Rebana dan menopang kawasan industri di Bekasi, Karawang, dan Purwakarta.

“Kunjungan ini untuk melihat proyek strategis nasional terkait Pelabuhan Patimban. Hari ini, kita lihat di belakang kendaraan yang diekspor ke berbagai negara termasuk Jepang, Singapura dan lain-lain. Kalau kita lihat, ekspor otomatif Indonesia meningkat setiap tahun,” tambahnya.

Airlangga sendiri mengatakan bahwa aktivitas eskpor otomotif Indonesia sudah tercatat meningkat di setiap tahunya. Untuk Pelabuhan Patimban sendiri, disiapkan sekitar 218 ribu dengan pencapaian pada 2023, tembus 223 ribu atau di atas 100 persen.

“Sudah bisa dimanfaatkan secara maksimal. Tentu kira berharap,  kapasitasnya akan naik. Kontainer-kontainer yang selama ini ke Tanjung Priok, mungkin sebagian besar bisa dialihkan ke Pelabuhan Patimban,” ujarnya.

Airlangga menyebutkan, invetasi tahap pertama sekitar Rp 18 triliun, tahap kedua sekitar Rp14 triliun, dan investasi jalan tol sekitar Rp10 triliun.

Sumber: Suara.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *