banner 120x600

Kapan 27 Rajab 2024? Ini Amalan Berlimpah Pahala saat Isra Miraj

kapan 27 Rajab 2024 (Freepik)

sitepontianak.com – Isra Miraj merupakan peristiwa penting pada 27 Rajab yang dialami oleh Rasulullah SAW. Menurut perhitungan kalender Masehi, kapan 27 Rajab 2024? Untuk selengkapnya, simak berikut ini ulasannya lengkap amalan sunnah dan keistimewaannya.

Isra Miraj merupakan perjalanan Rasulullah SAW dalam semalam dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa dan dari bumi ke langit ke-7 (Sidratul Muntaha) yang terjadi pada 27 Rajab. Jika dihitung berdasarkan penanggalan kalender Masehi, kapan 27 Rajab 2024? Berikut ini ulasannya.

Jadwal Isra Miraj 2024

Berdasarkan SKB 3 Menteri, Isra Miraj Nabi SAWA pada 27 Rajab 1445 Hijriah ini bertepatan dengan hari Kamis, 8 Februari 2024. Pada hari tersebut, peringatan Isra Miraj masuk dalam daftar hari libur nasional 2024.

Namun  dalam SKB 3 Menteri tersebut, tidak tercantum adanya hari libur cuti bersama peringatan peringatan Isra Miraj 2024. Dengan demikian, peringatan Isra Miraj 2024 ini hanya libur sehari yaitu pada hari Kamis.

Amalan Sunnah Isra Miraj

Salah satu amalan pada 27 Rajab atau saat Isra Miraj yaitu membaca sayidul istighfar. Pada bulan Rajab ini, Allah SWT akan memberikan ampunan kepada setiap siapa saja yang bertaubat. Itulah mengapa disunnah mengamalkan sayidul istighfar yang bacaannya sebagai berikut:

اللَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّي لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ خَلَقْتَنِي وَأَنَا عَبْدُكَ وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ أَبُوءُ لَكَ بِالنِّعْمَةِ وَأَبُوءُ لَكَ بِذَنْبِي فَاغْفِرْ لِي إِنَّهُ لَا يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلَّا أَنْتَ قَالَ إِنْ قَالَهَا بَعْدَمَا يُصْبِحُ مُوقِنًا بِهَا ثُمَّ مَاتَ كَانَ مِنْ أَهْلِ الْجَنَّةِ وَإِنْ قَالَهَا بَعْدَمَا يُمْسِي مُوقِنًا بِهَا ثُمَّ مَاتَ كَانَ مِنْ أَهْلِ الْجَنَّةِ

Artinya: “Ya Allah, Engkaulah Tuhanku. Tidak ada Tuhan selain Engkau. Engkau sudah menciptakanku, dann aku adalah hamba-Mu. Aku akan berusaha selalu taat kepada-Mu, sekuat tenagaku Yaa Allah. Aku berlindung kepada-Mu, dari keburukan yang kuperbuat. Kuakui segala nikmat yang Engkau berikan padaku, dan kuakui pula keburukan-keburukan dan dosa-dosaku. Maka ampunilah aku ya Allah. Sesungguhnya tidak ada yang bisa mengampuni dosa kecuali Engkau.

Bacaan sayidul istighfar ini bisa diamalkan saat pagi hari maupun sore hari. Selain itu, pada bulan Rajab juga disunnahkan untu berpuasa, perbanyak membaca doa, perbanyak membaca dzikir dan perbanyak sedekah.

Keistimewaan Isra Miraj

Peristiwa Isra Miraj ini memiliki banyak keistimewaan. Adapun beberapa keistimewaannya yaitu Nabi SAW dan umatnya mendapat perintah sholat 5 waktu, Nabi SAW bertemu dengan Nabi-Nabi terdahulu, dan Nabi SAW bertemu langsung dengan Allah SWT.

Adapun keistiwaan lainnya yaitu Isra Miraj ini mengajarkan kita sebagai umat Muslim untuk tetap beriman bertaqwa pada Allah SWT serta menunaikan kewajiban, sunnah dan juga menjauhi laranganNya.

Demikian ulasan mengenai kapan 27 Rajab 2024 lengkap dengan amalan sunnah dan keistimewaan yang perlu diketahui umat Muslim.

Sumber: Suara.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *