banner 120x600

Perubahan Jadwal Pemadanan NIK Jadi NPWP diundur, Ini Alasannya

NPWP (https://klikpajak.id) - Pemadanan NIK Jadi NPWP Sampai Kapan? Perubahan Jadwal Diundur, Ini Alasannya

sitepontianak.com – DJP (Direktorat Jenderal Pajak) menyampaikan bahwa pemadanan NIK (nomor induk kependudukan) jadi NPWP (nomor pokok wajib pajak)akan segara dilakukan. Lantas, pemadanan NIK jadi NPWP sampai kapan? Berikut ini ulasannya.

Diberitakan bahwa Pemerintah melalui JDP akan meresmikan NIK sebagai NPWP.  Namun dalam pelaksanaannya, baru-baru ini pihak DJP mengumumkan adanya perubahan jadwal pemadanan NIK jadi NPWP.

Nah yang jadi pertanyaannya, pemadanan NIK jadi NPWP sampai kapan? Untuk lebih jelasnya, simak berikut ini jadwalnya yang dilansir dari berbagai sumber.

Jadwal Pelaksanaan Pemadanan NIK jadi NPWP

Mengenai jadwal pelaksanaan pemadanan NIK jadi NPWP, mulanya jadwal pemadanan akan berlangsung pada tanggal 31 Desember 2023/1 Januari 2023, namun diundur jadi  30 Juni 2024/1 Juli 2024.

Adapun perubahan jadwal pelaksanaan tesebut telah tertuang dalam PMK (Peraturan Menteri Keuangan) No 136 Tahun 2023. Selain itu, perubahan tersebut telah disesuaikan dengan waktu implementasi CTAS (Coretax Administration System).

Pihak DJP juga menyampaikan bahwa dengan adanya pengunduran jadwal tersebut, maka NPWP lama (format 15 digit) hanya bisa digunakan hingga tanggal 30 Juni 2024. Sementara untuk NPWP baru (format 16 digit atau NIK KTP) hanya bisa digunakan hingga implementasi penuh dilakukan.

Cara Pemadanan NIK Jadi NPWP

Bagi yang akan melakukan pemadanan NIK jadi NPWP, penting untuk mengetahui berikut langkah-langkah melakukan pemadanan tersebut. Nah untuk lebih jelasnya, simak berikut ini cara pemandanan NIK-NPWP yang perlu kamu perhatikan.

  • Pertama-tama, buka situ pajak.go.id atau djponline.pajak.go.id
  • Lalu,  klik ‘login’
  • Kemudian ketik 15 digit NPWP dan passwordnya
  • Berikutnya, buka ‘Menu Profi’ dan klik ‘Data Profil’
  • Selanjutnya, tulis 16 digit NIK KTP
  • Cek validasi dengan klik ‘Validasi’ dan klik ‘Ubah Profil’
  • Lalu login kembali dengan format 16 digit NIK dan password yang sama seperti sebelumnya
  • Jika login berhasil, maka validasi selesai dilaksanakan.

Sebagai informasi tambahan, sampai tangga; 7 Desember 2023, ada total 59,56 juta NIK-NPWP yang sudah berhasil dipadankan. Total 55,76 juta NIK-NPWP tersebut telah dipadankan dengan sistem, sedangkan 3,80 juta dipadankan dengan WP.

Demikian ulasan mengenai pemadanan NIK jadi NPWP sampai kapan lengkap dengan jadwal dan cara melakukan pemadanan NIK jadi NPWP yang penting untuk diketahui.

Sumber: Suara.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *