banner 120x600

Kapolri: Ormas Lintas Agama Ikut Jaga Ibadah Natal, Bukti Indonesia Penuh Toleransi

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. (Suara.com/Faqih)

sitepontianak.com – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo berbicara soal keberagaman di Indonesia. Hal ini disampaikannya bertepatan dengan perayaan Hari Raya Natal 2023.

Hal itu dikatakan Sigit saat meninjau Gereja Reformed Injili Indonesia (GRII) dan Gereja Katedral, Jakarta Pusat. Menurutnya keberagaman merupakan anugrah dari Tuhan yang patut dibanggakan masyarakat.

“Tentunya ini adalah anugerah Tuhan buat kita semua dan yang lebih menggembirakan bahwa Indonesia dilahirkan dari keberagaman,” ujar Sigit kepada wartawan, Senin (25/12/2023).

Oleh karena itu, ia meminta agar semua pihak turut menjaga keberagaman ini. Seluruh lapisan masyarakat harus menjadi satu kekuatan demi membawa Indonesia menjadi negara yang maju dan besar.

Ia menyebut pada setiap perayaan Natal, upaya menjaga keberagaman ini selalu terlihat. Pengamanan dilakukan oleh masyarakat bersama TNI-Polri di semua wilayah.

“Dan ini menjadi bukti bahwa Indonesia sangat menghormati toleransi agama dan sangat menghormati hak-hak untuk beribadah sesuai agama dan keyakinan masing-masing, ini harus kita jaga dan pertahankan,” beber Sigit.

Tak hanya itu, bahkan organisasi masyarakat (ormas) lintas agama juga turut serta menjaga di setiap gereja.

“Kegiatan pengamanan dilaksanakan didalamnya tidak hanya unsur Polri, TNI, namun juga melibatkan sahabat – sajabat dari ormas agama lain, ada NU, Muhammadiyah, dan juga ormas keagamaan lainnya,” ujarnya.

“Ini menunjukan bahwa toleransi di Indonesia terkait keberagaman yang kita miliki sampai saat ini terus terjaga dengan baik,” katanya.

Ia juga meminta agar upaya semua lapisan masyarakat menjaga persatuan dan kesatuan ini juga terus dilakukan, terutama di masa pelaksanaan tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) serentak tahun 2024.

“Tentunya saya titip, mari kita berdoa bersama menjaga agar di tengah perbedaan pendapat yang ada, seluruh rakyat kita, seluruh pimpinan kita tetap menjaga persatuan dan kesatuan. Karena ini menjadi modal utama untuk membawa Indonesia jadi negara maju,” imbuhnya.

Sumber: Suara.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *