banner 120x600

Inovasi ASDP Kini Bisa Pantau Kapal Lewat Aplikasi Digital

Kapal ASDP di Pelabuhan Labuan Bajo.

sitepontianak.com – PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) kekinian melakukan transformasi digitalisasi untuk memantau armada kapal lewat aplikasi. Fitur baru ini buah hasil kerja sama dengan Telkomsel.

Direktur Utama ASDP Ira Puspadewi menjelaskan, langkah digitalisasi ini merupakan bagian dari langkah ASDP dalam menaikkan peradaban yang mampu membangun Indonesia.

“Semangat kami dari awal adalah dengan mengusung _Elevating Civilization to the Next Level_. Untuk itu kami sangat mengapresiasi Telkom yang juga sudah jadi bagian sangat instrumental bagi perkembangan ASDP khususnya di bidang digitalisasi demi meningkatkan perabadan,” ujarnya yang dikutip, Minggu (17/12/2023).

Ira melanjutkan, dengan adanya aplikasi monitoring armada tersebut, data acquisition jadi jauh lebih cepat dan terorganisir. “Harapannya data kita olah menjadi informasi dan informasi tersebut mampu menjadi keputusan operasional,” jelas dia.

Direktur Teknik dan Fasilitas ASDP Kusnadi C Wijaya turut menambahkan dalam laporannya bahwa dengan adanya digitalisasi monitoring armada tersebut para KKM (Kepala Kamar Mesin), maupun manager teknik di cabang dapat melakukan pola perawatan dan pola pemeliharaan yang terencana dengan baik.

“Dengan adanya Aplikasi Monitoring Armada SIEMON (Sistem Engine Monitoring Online) dan SMS (Ship Maintenance System) bertujuan menjadi sistem pondasi atas perawatan armada dengan sasaran ketepatan, kecepatan dan kualitas pekerjaan perawatan yang dapat dilakukan lebih efektif dan efisien sehingga kesiapan serta kepastian operasional dan keselamatan untuk pengguna jasa dapat ditingkatkan,” beber dia.

Ia menegaskan dengan terdigitalisasinya proses ini, ASDP mampu memiliki track record atas perkembangan docking kapal dari hari ke hari.

ASDP terus meningkatkan dan mengembangkan proses digitalisasi melalui berbagai sisi demi membangun peradaban agar mampu menjadi perusahan berkelas dunia.

Sumber: Suara.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *