banner 120x600

IKN Nusantara Siap Diresmikan, Ini Proyek-proyek yang Tuntas Tahun Depan

Presiden Joko Widodo atau Jokowi tengah meninjau pembangunan Istana Kepresidenan dan Kantor Presiden di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Kamis (21/12/2023). (Kris - Biro Pers Sekretariat Presiden)

sitepontianak.com – Kementerian PUPR (Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat) menyampaikan bahwa pembangunan infrastruktur dasar IKN (Ibu Kota Negara) Nusantara Tahap 1 ditargetkan akan selesai tahun 2024. Adapun daftar Proyek IKN yang Siap 2024 yakni sebagai berikut.

Dikatan oleh Ketua Satuan Tugas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN bahwa progres konstruksi IKN untuk Tahap I sudah capai 62,65 persen. Nah untuk selengkapnya, berikut ini daftar Proyek IKN yang Siap 2024.

1.   Istana Presiden dan Lapangan Upacara

Istana Presiden dan lapangan upacara ini salah satu proyek IKN yaang progres konstruksinya telah mencapai 42 persen dan untuk  kantor Presiden progresnya telah mencapai 66 persen.

2. Penyediaan Air Minum dan Jaringan Distribusinya ke sejumlah kawasan di IKN

Untuk proyek lainnya di IKN yang siap digunakan pada tahun 2024 yaitu penyediaan air minum dan jaringan distribunyinya. Proyek yang tersebar beberapa di wilayah IKN ini juga sudah hampir selesai dan akan siap digunakan.

3.  Bendungan Sepaku dan Intake Sepaku

Ada juga proyek lainnya di IKN yang juga siap untuk digunakan di tahun 2024 mendatang. Adapun proyek tersebut yaitu bendungan Sepaku dan Intake Sepaku. Proyek ini berguna dalam memenuhi kebutuhan air bersih di IKN.

4.  Jalan Tol Akses IKN

Untuk urusan konektivitas, Ketua Satuan Tugas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN juga menyampaikan bahwa Jalan Tol akses menuju IKN sedang dalam proses pembangunan agar bisa digunakan pada tahun 2024.

Akses jalan tol tersebut berguna untuk mempersingkat jarak tempuh perjalanan Balikpapan ke Kawasan pusat IKN, yang mana mulanya perjalanan memakan waktu tempuh sekitar 2 jam jadi di bawah 1 jam.

Saat ini, progres pembangunan akses jalan Tol IKN sudah hampir selesai, yang mana tiga seksi jalan tol ditargetkan akan rampun Juni atau Juli 2024. Adapun tiga seksi jalan tol tersebut yakni sebagai berikut:

–   3A Karangjoang-KKT Kariangau (48%)

–    3B KKT Kariangau-Simpang Tempadung (57%)

–    5A Simpang Tempadung-Jembatan Pulau Balang (67%).

Selain itu, sedang berlangsung juga pembangunan seksi jalan to 6A Riko-Rencana Outer Ring Road IKN (4,8%) dan 6B Rencana Outer Ring Road-Simpang 3 ITCI (17,5 persen).

Sumber: Suara.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *