banner 120x600

Gunung Boga Berpotensi Jadi Destinasi Paralayang Kelas Dunia

Gunung Boga di Desa Luan, Paser. [Ist]

sitepontianak.com – Gunung Embun atau Gunung Boga yang terletak di Desa Luan, Kecamatan Muara Samu, Kabupaten Paser kini menjadi salah satu wisata andalan di Kalimantan Timur (Kaltim). Terlebih, wisata terkait olahraga paralayang yang terus dikembangkan oleh pemerintah daerah.

Terbaru pada awal Juli 2023 lalu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Paser melalui Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Paser telah menyiapkan anggaran untuk pengembangan wisata ini.

Bahkan, pemda setempat mengaku telah menyiapkan anggaran sebesar Rp200 juta untuk pembangunan area take off dan landing.

Pemda setempat meyakini, nantinya tempat wisata Gunung Boga akan bertambah ramai seiring penambahan fasilitas untuk pariwisata paralayang.

Melannsir dari website Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dalam beberapa tahun terakhir, tepatnya dalam dua tahun terakhir kegiatan olahraga paralayang telah digelar dan diikuti oleh atlet daerah maupun nasional di Gunung ini.

Selanjutnya, pembukaan seleksi atlet paralayang juga telah dibuat oleh Disporapar Paser demi meningkatkan minat masyarakat terhadap olahraga paralayang.

Oleh karena itu, pemda setempat sangat berharap bahwa Kabupaten Paser bisa membentuk sebuah Federasi Aero Sport Indonesia (FASI).

Jadi, tak heran bahwa Gunung Boga ini menjadi lokasi bagi para atlet paralayang untuk terbang dan berlatih di sana.

Tidak hanya berolahraga, tetapi para atlet juga bisa menikmati keindahan tempat wisata yang masuk dalam kategori dataran tinggi terpopuler di Indonesia ini.

Dikutip dari akun Disporapar Paser, salah satu atlet senior paralayang Kaltim, Wusuno Adi mengaku bahwa lokasi Gunung Boga sangat cocok untuk dikembangkan sebagai lokasi paralayang.

“Dari segi letak geografis serta faktor angin lokasi ini  sangat mendukung dan ideal untuk paralayang,” ujar Wusuno Adi.

Sumber: Suara.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *