banner 120x600

Ada Pesta Kembang Api Hingga Wayang Kulit Semalam Suntuk di TMII

Warga menyaksikan pesta kembang api saat perayaan malam Tahun Baru 2023 di Danau Archipelago, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur. [Suara.com/Alfian Winanto]

sitepontianak.com – Perayaan malam pergantian tahun kembali digelar di Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Berbagai acara bakal diadakan untuk memeriahkan momen menyambut tahun 2024.

Direktur Utama TMII, Claudia Ingkiriwang menyebut pihaknya bakal mengadakan Pesta Kembang Api, Band Peformance, DJ Dangdut Koplo, Pergelaran Seni Budaya, Festival Kuliner, dan Wayang Kulit Semalam Suntuk dengan Dalang Ki Sri Susilo Tengkleng.

Selain itu, ada juga wahana untuk anak-anak yang menyediakan permainan-permainan anak tradisional sepereti egrang, bakiak bertajuk hompimpark, arena balance bike, workshop melukis/mewarnai, dan Night at the Museum.

Anjungan-anjungan daerah yang ada di TMII pun turut memeriahkan malam pergantian tahun dengan adanya Ketoprak Mataram di Anjungan Yogyakarta, Irama Melayu di Anjungan DKI Jakarta, Bengkulen ‘Musik Dholl’ di Anjungan Bengkulu. Lalu Lampung Ceria Berjaya sa bumi
ruai jurai di Anjungan Lampung, serta Musik dan Tari Melayu di Anjungan Riau.

“Kami berharap pengunjung yang datang ke TMII selama liburan akhir tahun ini dapat menikmati ragam aktivitas yang telah disediakan. Mulai dari konser musik hingga seni tradisi, serta festival kuliner dan wayang kulit siap sambut pengunjung,” ujar Claudia dalam keterangannya, Minggu (31/12/2023).

Claudia juga menambahkan terkait pertunjukan Dancing Fountain Tirta Cerita, sebuah harmonisasi perpaduan multimedia show dengan water screen dan air mancur serta pencahayaan 300 drone, yang sebelumnya rutin ditampilkan setiap hari mulai pukul 18.30 WIB.

“Selama Pekan Natal dan Tahun Baru ini pertunjukan Tirta Cerita akan ada penambahan jam tayang. Dancing Fountain Tirta Cerita ini merupakan the biggest fountain show in Jakarta dan the biggest fountain show with drone in South East Asia.”

Khusus malam tahun baru ditambah pada pukul 22.30 wib. Pertunjukan tambahan di siang hari (Tirta Menari) ditayangkan pada pukul 10.00 wib, 13.00 wib, dan 16.00 wib dengan durasi masing-masing 15 menit.

Untuk para pecinta kuliner, terdapat Festival Pempek & Foodtruck serta kuliner khas daerah lainnya. Pengunjung juga dapat menikmati berbagai kegiatan rekreasi lainnya, termasuk kunjungan ke taman burung, taman reptil, menaiki kereta gantung, atau piknik santai bersama keluarga dengan tersedianya banyak area terbuka hijau.

Dalam memberikan rasa aman bagi wisatawan yang berkunjung ke TMII, Manajemen TMII juga menggandeng pengamanan kawasan bersama unsur TNI & Polri dengan tersedianya beberapa titik tenda/pos pelayanan keamanan serta pos kesehatan.

Jam operasional gerbang masuk TMII akan diperpanjang menjadi:

  • Gate 1 pukul 06.00 – 22.00 wib
  •  Gate 3 pukul 05.00 – 22.00 wib.
  • Malam Tahun Baru s.d pukul 02.00 wib.

Sementara itu, manajemen TMII memberlakukan harga tiket masuk khusus selama sepekan yaitu sebesar Rp50 ribu per orang. Pengunjung dihimbau untuk membeli tiket secara online di www.tamanmini.com untuk menghindari antrean panjang di pintu masuk.

Bagi yang menggunakan angkutan umum, terdapat halte Bus Transjakarta tepat di pintu masuk TMII. Tersedia juga layanan shuttle gratis yang langsung mengangkut pengunjung dari Lobby Stasiun LRT TMII ke Tourist Information Center TMII dan sebaliknya.

Sumber: Suara.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *