banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600

Sudah Tahu Instagram dan Facebook Kini Bebas Iklan? Tapi Harus Bayar

Ilustrasi Instagram. (Pixabay/@Minakel2003)

sitepontianak.com – Perusahaan teknologi Meta resmi mengumumkan kalau aplikasi buatannya, Instagram dan Facebook, kini bebas iklan. Namun layanan ini diberikan dalam bentuk paket premium alias berbayar.

Paket tanpa iklan Facebook dan Instagram ini baru dirilis untuk kawasan Eropa. Ini merupakan langkah Meta dalam mengikuti aturan baru Uni Eropa, di mana aplikasi memiliki opsi untuk pengguna yang tidak mau melihat iklan.

Harga paket premium Facebook dan Instagram tanpa iklan ini dibanderol masing-masing 9,99 Euro (Rp 168 ribu) untuk versi web. Sedangkan versi aplikasi iOS atau Android ditawarkan 12,99 Euro atau Rp 219 ribu.

Adanya perbedaan harga ini disebabkan karena kebijakan dari Google dan Apple yang memiliki sistem operasi Android dan iOS, sebagaimana dikutip dari Gizmochina, disitat dari Suara.com.

Harga itu pun sudah mencakup dua aplikasi sekaligus karena Meta adalah perusahaan induk dari Facebook dan Instagram. Jadi tidak ada biaya untuk masing-masing aplikasi.

Namun per 1 Maret 2024, harga paket bebas iklan itu akan naik 6 Euro atau Rp 101 ribu per bulan untuk versi web. Kenaikan harga juga berlaku untuk versi Android/iOS dengan nilai 8 Dolar AS atau Rp 134 ribu per bulan.

Paket itu tak hanya mencegah munculnya iklan di aplikasi, tetapi juga memungkinkan Facebook dan Instagram merekam data pribadi pengguna. Selama ini mereka memang menjalankan iklan bertarget berdasarkan data-data yang direkam dari aplikasi.

Layanan tanpa iklan Facebook dan Instagram ini masih terbatas untuk wilayah Eropa. Tak menutup kemungkinan kalau Meta memperluas ke negara lain jika ada aturan serupa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *