banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600

Plt Mentan Mau Buka-Bukaan Data Impor Bawang Putih

Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo Adi memberi keterangan kepada awak media di lingkungan Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat (24/2/2023). (ANTARA/Desca Lidya Natalia)

sitepontianak.com – Pelaksana Tugas (Plt) Menteri Pertanian (Mentan) Arief Prasetyo Adi terus melakukan evaluasi terkait kontrak-kontrak impor di Kementerian Pertanian. Salah satunya, Arief akan membatasi kuota impor bawang putih mulai tahun depan.

Dia mengatakan, untuk tahun depan impor komoditas bawang putih tidak lebih dari 1 juta ton. Kebijakan ini, agar pemerintah bisa melakukan pengembangan produksi bawang putih di dalam negeri.

“Saya sudah minta Dirjen Horti agar tidak menerbitkan (kuota impor bawang putih) 1 juta seperti sebelumnya. Kemungkinan besar sekitar 600-650 ribu itu sudah paling banyak,” ujarnya di Kantor Ombudsman, Jakarta, Selasa (17/10/2023).

Selain itu, Arief juga akan mengeluarkan kebijakan, di mana importir bisa mendapat kuota impor lebih banyak, jika berhasil kewajiban menanam bawang putih yang luas.

“Kemudian 140 perusahaan ada yang 1x wajib tanam, 2x, 3x, itu nanti akan mendapatkan quantity yang tentunya berbeda sebagai reward. Teman-teman yang melakukan wajib tanam berkali-kali dan lebih banyak, akan mendapatkan lebih banyak RIPH supaya fair,” kata Arief. Disitat dari Suara.com.

Arief juga meminta kepada Kementerian Perdagang untuk bisa membatasi izin impor bawang putih sebesar 1,1 juta ton agar sesuai kebutuhan dalam negeri.

“Kalau yang sudah dikeluarin 1 juta, tinggal Kemendag membatasi importasi supaya tidak overstock. Kebutuhan nasional kurang lebih 600-650 ribu ton, jadi jangan lebih,” imbuh dia.

Arief yang juga menjabat Kepala Badan Pangan Nasional ini juga menjamin akan transparan membuka data perusahaan yang melakukan importir bawang putih. Sehingga, tidak ada permainan dalam perizinan impor di Kementan.

“Tentunya Pak Dirjen Horti fully commitment bersama saya seluruh eselon I yang ada, mulai Jumat lalu semenjak saya dijadikan Plt kita kurang tidur semua sampai larut terus membuat quick win, perubahan-perubahan terorganisasi dan lain-lain,” pungkas dia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *