banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600

Pentingnya Transisi Kendaraan Konvensional ke Kendaraan Listrik

Ilustrasi kendaraan listrik. [unsplash]

sitepontianak.com – Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan pentingnya transisi kendaraan konvensioanl ke kendaraan listrik (EV) di Indonesia.

Menurut Luhut, industri otomotif memiliki peran signifikan terhadap perekonomian Indonesia, salah satunya dengan melakukan transisi kendaraan konvensional ke listrik.

“Industri EV dapat mengatasi eksternalitas lingkungan dan membawa manfaat ekonomi yang positif melalui pengurangan emisi, ketahanan energi dan efisiensi, ekonomi sirkuler, dan diversifikasi,” ujar Luhut dalam seminar bertajuk ‘Kendaraan Listrik, Potensi dan Tantangannya di Indonesia’, di Jakarta, Kamis (14/9/2023).

Sementara itu, dalam seminar yang digagas oleh Ikatan Alumni SMA Xaverius 1 Palembang (IKAXA) ini, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyampaikan, sesuai Perpres No. 55 Tahun 2019, Pemerintah terus berupaya melakukan percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) melalui regulasi yang mendukung dan memberi kemudahan bagi industri dan pelanggan.

Salah satunya melalui Insentif Fiskal KBLBB berupa Biaya Uji Tipe & SUT KBLBB Baru dan Biaya Uji Tipe, SUT, & Struktur Kendaraan Konversi yang dilengkapi dengan beberapa penerbitan regulasi Peraturan Menteri.

“Saat ini melalui kemitraan bersama, Kemenhub, Kepolisian, Kemenperin, dan Kemenkeu telah menerbitkan keputusan bersama Program Konversi Sepeda Motor Bahan Bakar menjadi Berbasis Baterai” jelasnya.

Sedangkan Ketua Umum IKAXA, Agus Jayadi Alwie mengungkapkan, merupakan suatu kebanggaan bagi IKAXA dapat menyelenggarakan Seminar Nasional yang relevan dengan perkembangan teknologi saat ini.

“Seminar ini sangat penting sebagai sarana untuk berbagi pengetahuan, pengalaman, dan pemahaman kebijakan mengenai kendaraan listrikdalam rangka mendukung pembangunan nasional,” pungkasnya. Disitat dari Suara.com.

Seminar Nasional IKAXA 2023 sendiri dihadiri oleh sejumlah narasumber yaitu Luhut Binsar P.Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi, Budi Karya S. Menteri Perhubungan, Sripeni Inten C. Staf Khusus Kementerian ESDM, dan Moeldoko Ketua PERIKLINDO.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *