banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600

Kemnaker Gelar Job Fair di Solo, Peluang untuk Pencaker

Wakil Menteri Ketenagakerjaan, Afriansyah Noor membuka Job Fair dan UMKM Expo FORPUSKA Perguruan Tinggi Se-Surakarta, Solo, Jawa Tengah, Selasa (26/9/2023). (Dok: Kemnaker)

sitepontianak.com – Untuk mengatasi tantangan bagaimana menyediakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat, Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) menggelar acara Job Fair dan UMKM Expo FORPUSKA Perguruan Tinggi Se-Surakarta, Solo, Jawa Tengah, Selasa (26/9/2023).

Wakil Menteri Ketenagakerjaan Afriansyah Noor mengatakan salah satu tujuan diselenggarakannya acara ini adalah untuk mempersiapkan para pencari kerja di Surakarta untuk terjun ke dalam dunia karir yang mereka inginkan.

Selain itu kata Wamenaker, job fair juga membantu mereka untuk memilih karir yang sesuai dengan minat dan bakat pencari kerja agar dapat mengimplementasikan pembelajaran dari mata kuliah yang telah mereka pelajari selama di perkuliahan ke dalam karir yang mereka pilih nantinya.

“Saya memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada panitia pameran kesempatan kerja (Job Fair) dan UMKM Expo FORPUSKA Perguruan Tinggi Se-Surakarta, di kota Solo yang telah membantu penyelenggarakan kegiatan Job fair hari ini, ” kata Afriansyah. Disitat dari Suara.com.

Ia menyebut job fair merupakan suatu upaya yang sangat bermanfaat dan berkontribusi terhadap penciptaan peluang bagi tenaga kerja untuk mendapatkan pekerjaan, menciptakan SDM berkualitas unggul dengan pembekalan pengetahuan seputar dunia kerja.

“Sementara bagi perusahaan agar memperoleh kandidat yang berkualitas serta sesuai dengan spesifikasi jabatan yang ditawarkan,” katanya.

Afriansyah Noor menambahkan Kemnaker juga menyediakan berbagai layanan ketenagakerjaan yang dapat diakses oleh semua masyarakat Indonesia untuk mendapatkan informasi ketenagakerjaan.

Misalnya seperti pelatihan, lowongan pekerjaan, pemagangan, kelembagaan dan lain sebagainya yang dapat di akses secara umum melalui SIAPKerja (Sistem Informasi dan Aplikasi Pelayanan Ketenagakerjaan) yang dapat diakses pada laman https://kemnaker.go.id.

Untuk aplikasi seputar informasi lowongan pekerjaan, tersedia pula layanan melalui domain https://karirhub.kemnaker.go.id yang mempertemukan antara pemberi kerja perusahaan/individu dengan pencari kerja baik dalam negeri, maupun luar negeri.

“Melalui aplikasi Karirhub ini, pencari kerja juga dapat memilih lokasi pekerjaan,tipe pekerjaan hingga bidang keahlian yang dimiliki dan pemberi kerja maupun pencari kerja tidak dikenakan biaya apapun,” katanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *