Ilustrasi Blok Migas. [pheonwj.pertamina.com]

Pemerintah Tawarkan Tiga Wilayah Kerja Migas dari Papua

Komentar
X
Bagikan

sitepontianak.com – Pemerintah kembali menawarkan wilayah kerja migas tahap III tahun 2023 dengan mekanisme lelang reguler. Ada tiga blok migas yang ditawarkan, seluruhnya berada di Indonesia Timur tepatnya di wilayah Papua.

Pengumuman lelang disampaikan Direktur Pembinaan Usaha Hulu Migas Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Noor Arifin Muhammad, pada Rabu (20/9), di tengah acara 4th International Convention on Indonesian Upstream Oil and Gas ICIUOG 2023 yang diselenggarakan di Bali pada 20-23 September 2023.

Noor Arifin mengungkapkan, berbagai insentif ditawarkan pada lelang kali ini, antara lain bagi hasil yang mencapai 50%. Insentif diberikan berdasarkan pertimbangan pengelolaan blok yang memiliki risiko tinggi.

“Pemerintah dapat memberikan FTP 10%, signature bonus open bid dan fleksibilitas skema kontrak cost recovery atau gross split,” kata Noor Arifin ditulis Kamis (21/9/2023).

Noor mengatakan pemerintah berkomitmen untuk mendukung pengembangan hulu migas. Beberapa fasilitas insentif baik fiskal dan nonfiskal akan dapat diterima kontraktor dengan mengacu beberapa peraturan dan keputusan Menteri yang ada.

“Sejalan dengan hal tersebut, saat ini beberapa peraturan perundangan minyak dan gas bumi juga terus dibahas untuk dilakukan perbaikan-perbaikan sehingga meningkatkan keyakinan investor dalam melakukan investasi di Indonesia,” ujar Noor Arifin. Disitat dari Suara.com.

Jadwal lelang reguler untuk Wilayah Kerja Akimeugah I dan Akimeugah II adalah sebagai berikut:

  • Jadwal Lelang Reguler untuk Wilayah Kerja Akimeugah I dan Akimeugah II untuk akses Bid Document mulai tanggal 20 September 2023 sampai dengan 17 Januari 2024. Batas Waktu Pemasukan Dokumen Partisipasi 19 Januari 2024
  • Sementara jadwal Lelang Reguler untuk Wilayah Kerja Bobara untuk akses Bid Document mulai tanggal 20 September 2023 sampai dengan 20 November 2023. Kemudian batas waktu pemasukan dokumen partisipasi 22 November 2023.

Berikut daftar Wilayah Kerja Migas yang dilelang pada tahap III tahun 2023 :

  1. Akimeugah I – Daratan Papua Selatan dan Papua Pegunungan
    Komitmen pasti 3 tahun : Studi G&G, akuisisi dan processing seismik 2D/3D atau pengeboran 1 sumur eksplorasi
  2. Akimeugah II – Daratan Papua Selatan dan Papua Pegunungan
    Komitmen pasti 3 tahun : Studi G&G, akuisisi dan processing seismik 2D/3D atau pengeboran 1 sumur eksplorasi
  3. Bobara – Lepas Pantai Papua barat
    Komitmen pasti 3 tahun : Studi G&G, akuisisi dan processing seismik 3D 750 km (high resolution

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *