banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600

Pemkab Kapuas Hulu Siapkan 36 PASKIBRAKA untuk Peringatan HUT Ke-78 RI

Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan mengukuhkan 36 orang Anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (PASKIBRAKA) Kabupaten Kapuas Hulu, di Ruang Sidang DPRD Kapuas Hulu pada Selasa (15/8/2023).

sitepontianak.com – Sebanyak 36 orang Anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (PASKIBRAKA) Kabupaten Kapuas Hulu dikukuhkan oleh Bupati Fransiskus Diaan, di Ruang Sidang DPRD Kapuas Hulu pada Selasa (15/8/2023).

Dalam kesempatan ini Bupati Sis menegaskan, PASKIBRAKA adalah pelajar putra dan putri terbaik yang merupakan kader bangsa untuk melaksanakan tugas mengibarkan atau menurunkan duplikat bendera pusaka pada upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia.

“Pembentukan PASKIBRAKA pada tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya, dimana proses rekrutmen dan seleksi secara online melalui aplikasi PAKSIKBRAKA tahun 2023 sesuai Peraturan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila nomor 3 tahun 2022 tentang peraturan pelaksanaan peraturan presiden nomor 51 tahun 2022 tentang Program Pasukan Pengibar Bendera Pusaka,” ujarnya.

Bupati Sis tak menampik bahwa selama pemusatan pendidikan dan pelatihan tentu saja terdapat banyak tantangan, dimana calon PASKIBRAKA dipersyaratkan adalah siswa – siswi di kelas X  dengan usia 16-18 tahun, dan pada saat pendaftaran baru saja menyelesaikan pendidikan di kelas IX atau tamatan SMP .

“Yang mana teknik kepaskibrakaan masih sangat minim. namun demikian, saya yakin akan kemampuan kalian untuk dapat menampilkan yang terbaik,” katanya.

Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan foto bareng Forkopimda dan PASKIBRAKA Kapuas Hulu yang baru dikukuhkan.

“Untuk kita ketahui bersama Kabupaten Kapuas Hulu Tahun ini mengirimkan dua putri dan satu putra terbaik sebagi calon anggota PASKIBRAKA di tingkat Provinsi Kalimantan Barat dan tentunya merupakan prestasi yang patut kita syukuri bersama, perlu diresapi juga bahwa, salah satu puncak keberhasilan upacara memperingati HUT Proklamasi RI ke-78 ini berada di pundak pasukan pengibar bendera,” bebernya.

Bupati Sis turut mengapresiasi terhadap 36 anggota PASKIBRAKA tahun 2023 yang dipilih. Dirinya mengatakan, hal ini menunjukkan PASKIBRAKA yang terpilih memiliki kemampuan dan memenuhi syarat.

“Oleh sebab itu anggota PASKIBRAKA terpilih harus mampu menunjukkan kualitas sebagai insan terpilih, beretika tinggi dan berbudi luhur serta memiliki wawasan kebangsaan yang tinggi demi suksesnya pelaksanaan sebuah misi dan tugas penting, yaitu pengibaran dan penurunan bendera merah putih pada peringatan HUT RI ke- 78, di Kabupaten Kapuas Hulu tahun 2023. Semoga kalian dapat melaksanakan tugas dengan baik dan sukses,” tandasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *