banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600

Industri Media Merespons Era Baru: Google Eksplorasi Penggunaan Alat Kecerdasan Buatan untuk Artikel Berita

sitepontianak.com – Google yang sedang menjajaki penggunaan alat kecerdasan buatan (AI) untuk menulis artikel berita dan dalam pembicaraan dengan beberapa organisasi berita telah menjadi sorotan industri jurnalisme.

Alat AI ini, yang disebut Genesis secara internal di Google, dapat membantu jurnalis dengan berbagai hal seperti memilih tajuk berita atau gaya penulisan yang berbeda, dengan tujuan meningkatkan pekerjaan dan produktivitas mereka.

Namun, Google dan juru bicaranya menekankan bahwa alat ini tidak dimaksudkan untuk menggantikan peran penting jurnalis dalam melaporkan, membuat, dan memeriksa fakta artikel mereka.

Sebaliknya, alat ini diharapkan dapat menjadi tambahan yang membantu meningkatkan efisiensi pekerjaan jurnalis.

Alat AI ini dapat membantu jurnalis dengan pilihan tajuk berita atau gaya penulisan yang berbeda, misalnya, dengan cara yang meningkatkan pekerjaan dan produktivitas mereka. Ini adalah tahap awal dalam mengeksplorasi ide,” kata juru bicara Google dilansir dari Reuters dan Channel News Asia, Kamis (20/7).

Beberapa organisasi berita yang telah terungkap dalam diskusi dengan Google termasuk Washington Post, pemilik Wall Street Journal News Corp, dan New York Times, antara lain. Dalam laporan New York Times, beberapa eksekutif dari publikasi tersebut merasa risau dengan potensi dampak dari penggunaan alat AI tersebut.

Sebelumnya, Associated Press juga mengumumkan bahwa mereka akan bermitra dengan pemilik ChatGPT OpenAI untuk mengeksplorasi penggunaan AI generatif dalam berita.

Kesepakatan ini dapat menjadi preseden untuk kemitraan serupa di antara industri.

Meskipun beberapa outlet sudah menggunakan AI generatif untuk konten mereka, penerbitan berita secara umum masih berhati-hati dalam mengadopsi teknologi tersebut.

Kekhawatiran mengenai kecenderungan AI untuk menghasilkan informasi yang salah secara faktual dan kesulitan dalam membedakan antara konten yang dihasilkan oleh manusia dan program komputer tetap menjadi tantangan dalam penggunaannya.

Seperti yang diakui oleh juru bicara Google, tahap ini merupakan awal eksplorasi ide dan masih banyak hal yang perlu diatasi sebelum penggunaan alat AI untuk menulis artikel berita menjadi lebih umum dan diterima secara luas di industri jurnalisme.

sumber berita: berbagai sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *