banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600

Investasi Indonesia 2023 Ditargetkan 1400 Triliun, Ini Kata Kepala BKPM

Menteri Investasi Bahlil Lahadalia (Antara)

triggernetmedia.com – Setelah berhasil melebihi target realisasi investasi mencapai Rp. 1.207,2 triliun pada tahun 2022 yang ditargetkan sebesar Rp.1.200 triliun oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Tahun 2023 ini target investasi dari Presiden Jokowi kepada Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia meningkat menjadi sebesar Rp 1.400 triliun.

Menurut Bahlil target yang ditetapkan oleh kepala negara tidak mudah, mengingat tahun 2023 menjadi tahun politik berimbas terhadap stabilitas ekonomi yang menjadi salahsatu kunci keberlanjutan atau capaian investasi.

“Ini bukan hal yang gampang,” ujar Bahlil dalam acara Research & Innovation Expo 2023, Kamis (15/6/2023).

Bahlil menuturkan banyak orang bertanya kepadanya apakah target investasi bisa dikejar di tahun politik. Menurut Bahlil, politik adalah politik. Meski, dalam sejarahnya investasi akan wait and see di tahun politik.

Diakui Bahlil di tahun politik memunculkan potensi keterbelahan antara cebong dan kampret seperti pemilu yang lalu.

Untuk itu ia meminta agar perseteruan antara kampret dan cebong bisa dikendalikan untuk mencapai target investasi yang besar tersebut.

“Saya cuma kepada teman-teman selama mampu mengendalikan jangan ada kampret cebong. Paling rusak ini gara-gara medsos ini, kampret cebong macam-macam lah, dibuat seolah-olah seolah produk bagus yang bisa dijual,” kata dia.

Menurut mantan Ketua Umum HIPMI itu perseteruan antara cebong dan kampret tidak ada gunanya, hanya memberikan dampak yang buruk, oleh sebab itu hal tersebut harus direduksi.

“Kalau bisa hal-hal kaya gitu nggak usah dibuat seperti heboh-heboh banget lah,” imbuh Bahlil.

Sebelumnya Bahlil memaparkan pada kuartal I 2023, realisasi investasi yang tercapai sebesar Rp 328,9 triliun, atau 23,5% dari target investasi atau tumbuh sebesar 16,5% year on year (yoy).

Menurutnya, investasi tetap akan memberikan kontribusi penting terhadap pertumbuhan ekonomi, meskipun secara global diprediksi melambat pada tahun 2023.

“Investasi akan memberikan kontribusi penting terhadap pertumbuhan ekonomi, meskipun secara global diprediksi melambat pada 2023. Optimisme ekonomi 2023 akan baik kalau mampu kita jaga momentum,” ungkap Bahlil. Seperti disitat dari suara.com.

Bahlil merinci realisasi investasi tersebut lebih besar di luar Pulau Jawa, mencapai Rp172,9 triliun alias 52,6 persen. Sedangkan investasi di Pulau Jawa sebesar Rp156 triliun atau 47,4 persen.

“Bapak Presiden Jokowi minta investasi merata, Indonesia sentris, tidak Jawa sentris. Intuisi saya, ke depan investor bakal memilih di luar Jawa karena biaya tenaga kerja lebih murah, infrastruktur baik, arus logistik lebih baik, bahan baku di luar Jawa juga lebih baik,” tuturnya.

Sementara itu, kontribusi penanaman modal asing (PMA) pada kuartal I 2023 mencapai Rp177 triliun atau 53,8 persen. Nilai ini lebih besar melampaui penanaman modal dalam negeri (PMDN) sebesar Rp151,9 triliun atau 46,2 persen dari capaian investasi periode ini.

Gabungan realisasi PMA dan PMDN pada kuartal I 2023 paling besar dirasakan oleh Jawa Barat sebesar Rp. 50 triliun. Disusul DKI Jakarta dengan Rp 36,5 triliun, Jawa Timur Rp. 30 triliun, Sulawesi Tengah Rp. 29,8 triliun, dan Banten Rp. 25,7 triliun.

Singapura tercatat sebagai negara dengan realisasi investasi terbesar ke RI sebesar US$4,3 miliar. Kemudian, Hong Kong senilai US$1,5 miliar, China US$1,2 miliar, Jepang USD 1 miliar, dan Amerika Serikat (AS) sebesar USD800 juta.

“Jadi Hong Kong menggeser Tiongkok. Mungkin Hong Kong ini di beberapa negara Eropa dijadikan hub. Kalau Singapura, teman-teman sudah tahu kan ini uang sebagian orang Indonesia dan saya tidak akan pernah bosan menyampaikan itu, jadi mereka tidak paten-paten juga,” ucap Bahlil.

Lebih lanjut, realisasi investasi per kuartal I ini menyerap tenaga kerja Indonesia sekitar 384.892 orang. Sedangkan jumlah tenaga kerja asing (TKA) yang dipekerjakan ada 5.334 orang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *