banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600banner 120x600 banner 120x600banner 120x600banner 120x600

Makanan Khas Sunda dari Karedok, Bakakak Hayam hingga Colenak

makanan khas Sunda - Karedok. (Instagram/@yuanita_desyaliani)

sitepontianak.com – Indonesia memiliki beragam makanan khas yang begitu menggugah selera. Salah satunya yaitu makanan khas yang berasal dari suku sunda, Jawa Barat. Lantas, makanan khas sunda ada apa saja?

Nah bagi yang ingin mencicipi makanan khas sunda, simak daftar makanan khasnya yang begitu menggoda lidah, seperti disitat dari laman suara.com berikut ini :

1. Nasi Timbel

Salah satu kuliner khas Sunda yang patut kamu coba yaitu Nasi Timbel. Penyajian nasi timbal ini sangat unik karena dibungkus menggunakan daun pisang. Umumnya, nasi timbal disantap bersama dengan ikan asin dan sayur asem. Atau bisa dimakan bersama pepes ikan, ayam goreng, empal, tawes, dan japuh.

2. Karedok

Kuliner khas sunda lainnya yang juga rekomended untuk kamu makan yaitu karedok. Karedok ini berisi sayuran mentah yang disiram bumbu kacang ulek. Sekilas tampilannua mirip gado-gado dan lotek.

3. Nasi Tutug Oncom

Kuliner khas sunda yang patut kamu ici-icip yaitu nasi tutug oncom. Makanan khas ini berisi campuran sambal oncom, kencur, cabe, dan nasi hangat yang disajikan menggunakan daun pisang. Makanan ini biasanya disantap bersama ikan asin, ikan goreng, tempe+tahu goreng, ayam goreng, lalapan dan sambal.

4. Bakakak Hayam

Bakakak hayam juga merupakan makanan sunda yang patut untuk dicoba. Bekakak hayam ini merupakan olahan ayam bakar utuh dengan bumbu gurih pedas. Bakakak hayam inu memiliki tekstur daging yang lembut dan juicy. Umumnya, bebakak hayam disajikan bersama sambal ceurik.

5. Lotek

Lotek merupakan kuliner khas Sunda yang berisi campuran sayuran, kencur, terasi, tempe dan disiram bumbu kacang. Lotek ini salah satu kuliner khas sunda yang populer dan bahkan bisa kamu temukan di luar Jaw Barat. Tampilan lotek ini mirip gado-gado, hanya saja rasanya sedikit lebih manis.

6. Colenak

Colenak (cocol enak) merupakan kuliner khas Sunda yang terbuat dari tape singkong atau peuyeum sampeu dengan cara dibakar. Umumnya, colenak ini dihidangkan bersama dengan saus gula merah dan parutan kelapa.

7. Tahu Gejrot

Tahu gejrot ini salah satu kuliner khas dari tanah Sunda yang banyak disukai berbagai kalanga. Tahu gejrot ini terbuat dari campuran tahu goreng dan sambel ulek (cabe dan bawang merah) yang kemudian serta disiram kuah gula merah dan kecap.

Demikian ulasan mengenai 7 makanan khas Sunda dengan citarasa menggugah selera dan populer yang patut kamu coba. Semoga informasi ini bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *